Olah Raga

Jelang Duel Persija vs Persib, Polisi Imbau Bobotoh Tak Ke Jakarta

Oleh : Ronald T - Selasa, 09/07/2019 07:15 WIB

Supporter Persib Bandung, Biasa disebut Bobotoh (ist)

Jakarta, indonews.id - Pihak kepolisian mengimbau kepada para pendukung tim Persib Bandung, Bobotoh untuk tidak datang ke Jakarta saat pertandingan Persija Jakarta melawan Persib Bandung yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Rabu (10/7/2019).

Kabid Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan imbauan tersebut telah disampaikan kepada ketua klub bobotoh dan pendukung seperti Viking, Bomber, dan lain sebagainya. Dia menyarankan pemerintah daerah untuk menggelar nonton bareng.

"Semua jajaran sudah buat. Kapolda memberikan arahan mendorong Kapolres untuk berkoordinasi dengan pemda. Kita sifatnya imbauan larangan. Kita sudah mengimbau larangan untuk ke Jakarta mendasari surat dari (penyelenggara)," ujarnya, Senin (8/7/2019).

"Polda Jabar mengimbau larangan untuk datang ke Jakarta. Turuti saja aturan untuk kepentingan kamtibmas," sambungnya.

Selain itu, kata Trunoyudo, polisi juga telah diperintahkan untuk berjaga di tempat-tempat yang menjadi perbatasan antara Jawa Barat dan Jakarta. Jika kedapatan ada pendukung Persib yang hendak melaju ke Jakarta, pihaknya akan meminta mereka untuk kembali pulang dan tidak melanjutkan perjalanan.

"Kita mengimbau, kalau pun ada yang nanti berangkat kita akan meminta kembali," tuturnya. 

Diketahui, pada Rabu (8/7) pukul 15.30 WIB akan diselenggarakan pertandingan Persija-Persib di SUGBK. Polda Metro Jaya telah menyatakan penonton yang datang hanya boleh dari Jakarta. 

Polisi sendiri mengerahkan sebanyak 15 ribu personil gabungan TNI-Polri untuk melakukan pengamanan. Sejak pukul 12.00 WIB, kawasan SUGBK pun akan disterilkan. 

Ini merupakan kali pertama Persija vs Persib digelar di SUGBK setelah tahun 2014. Sejak 2015 hingga 2018, pertandingan Persija menjamu Persib berlangsung di Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait