Olah Raga

Atlet Panjat Tebing Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Dunia IFSC Worldcup Chamonix 2019

Oleh : Ronald - Sabtu, 13/07/2019 18:15 WIB

Atlet pelatnas cabang olahraga panjat tebing Alfian M Fajri meraih juara dunia dari nomor speed world record di IFSC Worldcup Chamonix, Prancis, Jumat (9/7/2019). (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Atlet Pelatihan Nasional (Pelatnas) Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di mata internasional setelah berhasil meraih emas  di Prancis.

Atlet pelatnas cabang olahraga panjat tebing Alfian M Fajri meraih juara dunia dari nomor speed world record di IFSC Worldcup Chamonix, Prancis, Jumat (9/7/2019).

Alfian mengaku, kunci kemenangannya adalah ketenangan. Saat mampu menguasai diri dan fokus, dia berhasil menjadi yang terbaik.

"Saya merasa semakin tenang dalam menghadapi tekanan," ujar Alfian di sela persiapan upacara penyerahan medali di Chamonix, Prancis.

Alfian berhasil menjadi yang tercepat setelah mengalahkan atlet asal Tiongkok, Zhong Qixin. Atlet asal Solo, Jawa Tengah, ini menorehkan catatan waktu 5,764 detik, sedangkan Zhong Qixin 6,382 detik.

Sementara raihan medali perunggu diraih oleh Vladislav Deulin dengan catatan waktu 6,057 detik. Deulin unggul setelah lawannya asal Ukraina, Danyil Boldyrev, mengalami fall.

"Di era speed, ini pertama kalinya kita juara dunia di Eropa," ujar Manager Timnas Panjat Tebing Pristiawan Buntoro.

Di tahun 2018, Alfian juga pernah meraih juara dunia di IFSC Worldcup Chongqing, Tiongkok, pada November 2018. Kala itu Alfian menorehkan catatan waktu 5,970 detik. (rnl)



 

Artikel Terkait