Gaya Hidup

Sepenggal Kisah Dilla Djalil Daniel, Penerima Alfred Fried Photography Award dari Wiena Austria

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 16/09/2019 06:01 WIB

Dilla Djalil Daniel berpose di depan foto hasil karyanya (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dilla Djalil Daniel, wanita kelahiran Jakarta 1966 adalah penerima Alfred Fried Photography Award. Ia adalah seorang photographer lepas yang ketika kecil, bermimpi menjadi seorang dokter hewan.

Namun, seiring waktu berjalan, Ia malah mencintai dunia photography. Hal itu bermula ketika dirinya menginjak usia sembilan tahun, ia diberi sebuah kamera untuk memotret anjing-anjingnya.

Karena ia harus melepaskan mimpinya untuk menjadi dokter hewan, ia memilih mendalami sastra Inggris. Selanjutnya, untuk sementara waktu, Ia bekerja pada agensi periklanan.

Pada satu kesempatan, sebuah lokakarya dengan fotografer terkenal Alex Webb dan Peter Turnley mengubahnya menjadi `pecandu bengkel`.

Dia pun akhirnya sering menghadiri lokakarya semacam itu di beberapa negara seperti Istanbul, Buenos Aires, Chiang Mai, Afrika Selatan dan Antigua.

Dilla lalu mulai mengagumi LSM hingga dengan rela meninggalkan "comfort zone"nya. Ke mana pun dia pergi, dia selalu mencari tempat perlindungan hewan. Sebut saja di antaranya rumah sakit gajah di Thailand, atau pun pusat penyelamatan keledai yang diperlakukan buruk di Nepal.

Dia juga memiliki dua ekor anjing, dua ekor kucing dan satu ekor kuda. Bisa dipastikan bahwa dia memperlakukan binatang peliharaannya dengan sangat baik.

Mimpi Kecil Seorang Dilla Djalil Daniel

Wanita kelahiran 1966, di Jakarta, di mana ia tinggal saat ini, sempat bermimpi menjadi dokter hewan, namun malah menjadi seorang fotografer.

Kendati cita-citanya menjadi dokter hewan pupus, namun minatnya pada hewan tidak pernah hilang. Selama bertahun-tahun, Dilla Djalil punya cara yang tak biasa mengungkapkan kecintaannya pada hewan.

Ia telah mencoba menangkap cara manusia memperlakukan hewan dengan kameranya. Dengan cara itu pula, ia telah menemukan cara bagaimana hewan melihat manusia. Dengan demikian, ia menganggap dirinya sebagai pembela hewan.

Dengan foto-fotonya, ia mencoba menangkap simpati dan empati para penikmat fotonya. Dengan kameranya, ia berusaha mengekplorasi kompleksitas hubungan manusia dan hewan.

Menolak Perang Terhadap Hewan

Dilla tahu betul bahwa umat manusia telah menyatakan perang terhadap hewan dengan menghancurkan habitat alami mereka atau memaksa mereka menjadi rantai produksi industri.

Itu sebabnya, dia berusaha untuk menemukan beberapa pengecualian. Di Pusat Rehabilitasi Orangutan Yatim di Kalimantan Barat, ia telah menemukan tempat yang sangat damai dan menyentuh.

Di sini, bayi orangutan, yang ibunya dibunuh atau dijual, dipersiapkan dengan sangat hati-hati untuk hidup mandiri dalam kebebasan.

Di sini, mereka tidak hanya diberi makan dan dirawat, tetapi mereka diajari untuk memanjat, membangun sarang, dan mencari makanan.

"Apakah itu foto yang manis? Ya, itu juga" jawabnya suatu ketika. 

Tentang Alfred Fried Photography Award

Alfred Fried Photography Award adalah sebuah pengakuan, sekaligus wadah mempromosikan fotografer dari seluruh dunia yang fotonya berusaha untuk menangkap upaya manusia menuju dunia yang damai dan sebuah upaya pencarian akan keindahan dan kebaikan dalam hidup manusia.

Penghargaan ini diberikan kepada foto-foto yang mengekspresikan ide terbaik bahwa masa depan manusia terletak pada co-eksistensi, yakni terciptanya kedamain dan keharmonisan hubungan manusia, hewan dan lingkungan sekitar.

Award ini dirancang khusus untuk mencari orang-orang untuk berpikir tentang apa yang manusia lakukan terhadap emosi atau perasaan hewan. Bahwa kita, manusia, tidak akan mengorbankan hewan seperti contohnya orangutan hanya untuk memenuhi gaya hidup dan untuk dikonsumsi, namun manusia memilih berdamai dengan makhluk-makhluk itu, mengembangkan empati dan simpati untuk mereka.

Penghargaan Alfred Fried Photography internasional dikhususkan untuk foto terbaik tentang perdamaian bukan sekedar penghargaan akan sebuah pelarian, atau tentang padang rumput liar dan moment matahari terbenam yang indah atau penghargaan untuk senyum termanis. Pun bukan untuk mengkritisi fotografi reportase informatif yang secara alami menggambarkan kesengsaraan dunia kita.

Namun, ini adalah sebuah penghargaan yang mendorong fotografer profesional untuk memvisualisasikan idenya pada tingkat tertinggi apa yang menginspirasi harapan, dari upaya pribadi untuk mendukung pengungsi hingga bantuan pembangunan yang bermakna.

Mengapa Membutuhkan Penghargaan Fotografi Alfred Fried

Kedamaian batin, hidup berdampingan secara damai, kedamaian dalam sebuah komunitas, kedamaian antar negara, kebijakan perdamaian internasional - apa yang bisa kita kaitkan dengan semuanya ini?

Banyak penghargaan fotografi, yang penting ia fokus pada konflik dan krisis, perang dan bencana di planet ini.  Penghargaan profesional biasanya tidak menyoroti hal-hal lain yang mampu dilakukan manusia.

Alfred Fried Photography Award yang diluncurkan pada 2013 berupaya mengisi celah ini yakni menunjukkan berbagai sisi kedamaian. Ini untuk melengkapi citra manusia dengan menambahkan sisi baik pada mereka.

Alfred award memberikan penghormatan dan penghargaan pada gambar-gambar yang lebih menceritakan tentang kesuksesan daripada kegagalan, empati daripada kebencian atau tentang hal-hal yang layak untuk dipertahankan daripada kehancuran, dorongan daripada penderitaan dan hak asasi manusia pada keindahan.

Alfred Award memberikan penghargaan pada karya yang mengambarkan kebahagiaan pribadi hingga contoh-contoh tentang semangat komunitas, tentang memerangi kemiskinan menjadi proyek konservasi alam yang sukses, dari penarikan yang diijinkan bagi kedamaian bhatin ke pemberontakan yang antusias terhadap ketidakadilan, tentang kemajuan penting dalam dunia kedokteran dan perlindungan lingkungan hingga rekonstruksi kota-kota yang hancur.

Alfred Fried Photography Award merayakan kemampuan manusia untuk peduli dan mendukung. Award ini sendiri diambil dari nama Alfred Fried (1864 - 1921), pemegang Hadiah Nobel Perdamaian Austria. Ia merayakan semua jenis pasifisme dan pelucutan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Alfred Fried Photography Award bertujuan untuk menemukan foto-foto terbaik yang mengambarkan sisi baik manusia dan aspek positif dari perubahan di dunia ini.

Siapakah Alfred Fried? Alfred Hermann Fried lahir pada 11 November 1864 di Wina. Ia meninggal pada 4 Mei 1921. Ia adalah seorang pasifis dan penulis Austria.

Sebagai pendiri jurnal Die Waffen nieder yang berarti "Letakkan tangan Anda" dan kegiatan perdamaian lainnya, Fried menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1911, bersama dengan Tobias Asser, penyelenggara Konferensi Perdamaian Den Haag Internasional pertama dan pelopor Pengadilan Arbitrase Permanen.*(Rikardo)

Artikel Terkait