Gaya Hidup

Tips Agar Tetap Bugar Selama di Kantor

Oleh : very - Selasa, 17/09/2019 19:55 WIB

Tips agar tetap bugar di kantor, salah satunya adalah tetap bergerak. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Sebagai karyawan kantoran, tidak bisa dipungkiri rutinitas harian bekerja tersebut cukup melelahkan. Berangkat gelap pulang tetap gelap adalah keseharian kita. Kemudian saat di kantor juga kita lebih sering untuk duduk berjam-jam sembari melihat layar komputer. Hal ini tentu membuat kita menjadi cepat jenuh, lemah, dan pikiran mudah stres.

Kita tentu tidak bisa terjebak dalam kondisi ini terus-menerus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sebagai pekerja kita harus memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Hal ini dilakukan agar kita tetap produktif dalam bekerja.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tetap bugar selama bekerja di kantor:

  1. Bangun pagi

Bangun lebih pagi terbukti membuat tubuh lebih bugar setiap hari. Hal ini bisa terjadi karena dengan bangun lebih cepat tubuh bisa beradaptasi dengan baik saat akan bekerja. Bandingkan dengan mereka yang sering bangun kesiangan, mereka akan tampak lesu dan mudah mengantuk. Tubuh yang bangun kesiangan tentu akan “kaget” karena sudah dipaksa untuk bekerja padahal kita belum melakukan persiapan yang baik.

Setelah bangun pagi sebaiknya kita tidak langsung mengecek smartphone. Karena jika kita akan langsung berhadapan dengan pekerjaan padahal belum di kantor. Lebih baik kita melakukan peregangan tubuh terlebih dahulu kemudian sarapan pagi.

  1. Pertahankan cairan dalam tubuh

Mempertahankan cairan tubuh memang bagus untuk mencegah dehidrasi serta meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Setibanya di kantor cobalah untuk meminum segelas air hangat, boleh juga ditambahkan lemonade yang bisa memperbaiki metabolisme kita.

Kita juga bisa membawa botol minum sendiri dari rumah dengan ukuran sedang, lalu letakkanlah di atas meja kerja agar mudah kita jangkau. Dengan cairan yang cukup tubuh akan tetap bugar selama di kantor. Kita juga akan terhindar dari pegal-pegal, memperbaiki mood yang jelek, dan membuat kulit kita tetap lembap.

  1. Tetap rajin bergerak

Bekerja seharian di kantor akan membuat tubuh menjadi kaku dan mudah pegal. Oleh karena itu kita memerlukan olahraga ringan atau setidaknya melakukan peregangan saat di kantor. Saat kita menjadi lebih banyak bergerak, maka tubuh akan tetap bugar, otot tidak kaku, serta peredaran darah tetap lancar. Dengan demikian kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya.

  1. Bawa bekal makan siang dari rumah

Walau kesannya merepotkan, tetapi membawa bekal makan siang dari rumah lebih baik ketimbang beli makanan di luar. Hal ini karena kita lebih mudah dalam mengontrol makanan yang masuk dalam tubuh. Misalnya makan dari rumah kita mengatur nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh serta kebersihan makanan. Dengan demikian kesehatan kita tetap terjaga dengan makanan sehat tersebut.

  1. Cobalah naik angkutan umum

Saat ini ada banyak angkutan umum yang bisa kita gunakan untuk berangkat atau pulang bekerja. Misalnya dengan menggunakan MRT, Transjakarta, atau commuter line. Dengan demikian tubuh kita tetap mengalami aktivitas fisik yang lebih baik dari pada harus menaiki mobil pribadi. Setelah berjam-jam duduk di kantor tentu kita perlu bergerak agar badan tidak kaku, sehingga menggunakan transportasi umum layak dicoba.

  1. Makan malam di waktu yang tepat

Terkadang kita memiliki kebiasaan setelah makan langsung tidur. Hal tersebut tentu kebiasaan yang salah, karena pencernaan akan tetap bekerja saat tidur. Dampaknya tidur kita tidak berkualitas sehingga saat bangun pagi kita tetap merasa lelah. Oleh karena itu cobalah untuk makan tiga jam sebelum tidur agar pada saat bangun pagi tubuh menjadi lebih bugar.

Memilih tubuh bugar dan kesehatan yang baik merupakan hal wajib bagi seorang pekerja kantoran. Namun walau begitu sebagai pekerja ada banyak risiko kesehatan yang mengintai kita. Seperti kelelahan hingga beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Oleh karena itu untuk mengurangi dampak dari risiko penyakit tersebut kita memerlukan perlindungan yang baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan asuransi. Ada banyak jenis asuransi dengan premi terjangkau yang bisa dimiliki oleh karyawan.

Jika tidak cukup punya banyak waktu, situs marketplace seperti Lifepal bisa menjadi pilihan menemukan asuransi yang tepat sesuai kebutuhan. ***

Loading...

Artikel Terkait