Gaya Hidup

Menikmati Wae Rebo, Kampung Indah di Atas Awan yang Menawan

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 09/11/2019 09:30 WIB

Pesona Wae Rebo (Foto: Collage @sukmatungadewi)

Lifestyle, INDONEWS.ID - Wae Rebo adalah sebuah kampung tradisional yang terletak di dusun terpencil tepatnya di Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Terkenal dengan sebutan kampung di atas awan, Wae Rebo terletak di ketinggian 1200 mdpl dikelilingi oleh perbukitan yang sangat asri.

Pada Agustus 2012, UNESCO menyatakan Wae Rebo sebagai Warisan Budaya Dunia menyisihkan 42 negara lain yang ikut didominasi.

Untuk mencapai Wae Rebo, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 6 km dari Desa Dintor ke Desa Denge dengan menggunakan motor.

Perjalanan dari Denge menuju Wae Rebo, kira-kira memakan waktu pendakian selama 3 jam dengan menyusuri daerah terpencil yang dikelilingi hutan lebat yang belum terjamah, menyebrangi sungai serta melintasi bibir jurang.

Meski lokasinya berada jauh dari keramaian dan sulit terjangkau, namun Kampung Wae Rebo sangat terkenal terutama oleh wisatawan asing Negara-negara di Eropa karena desain arsitekturnya yang memiliki daya tarik tinggi.

Salah satu hal yang menarik dari Desa Wae Rebo adalah rumah adatnya yang berbentuk kerucut dan atapnya terbuat dari daun lontar.

Hasil kerajinan tangan warga, hasil kopi, vanili dan kulit kayu manis laris sebagai barang cendera mata yang dibawa pulang oleh wisatawan denga harga yang memuaskan.

Tak sulit untuk jatuh cinta pada kampung ini. Pengunjung dapat merasakan keunikan budaya, adat istiadat, keramahan warganya serta kearifan lokal yang masih terasa kental di kampung ini.*(Rikardo). 

 

Artikel Terkait