Bisnis

Dampak Virus Corona, Pemerintah Berikan Subsidi Kepada Maskapai

Oleh : Ronald - Senin, 17/02/2020 22:01 WIB

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebagai bentuk insentif menekan kerugian akibat merebaknya wabah virus korona, pemerintah akan memberikan subsidi langsung kepada maskapai. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kampus UGM Yogyakarta, Senin (17/2/2020).

"Pemerintah akan subsidi, Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) sudah setuju, nanti di-announce (diumumkan) akan ada subsidi dari pemerintah langsung mungkin ke operator maskapai, mungkin ke mana untuk tujuan-tujuan wisata," ujarnya.

Tak hanya itu, Budi juga mengimbau kepada otoritas bandara dan maskapai untuk memberikan potongan harga kepada penumpang. Dengan begitu, industri pariwisata dalam negeri diharapkan bisa bergairah kembali.

"Sehingga kegairahan kita untuk mengisi ruang-ruang yang ditinggalkan oleh turis China bisa teratasi," kata mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) tersebut.

Dirinya mengakui kebijakan penundaan penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di China memiliki dampak negatif pada industri penerbangan di Indonesia.

Namun, dia meyakini persoalan tersebut akan teratasi dengan kucuran subsidi secara langsung dari pemerintah yang ditargetkan mulai berlaku dalam waktu satu atau dua hari ini.

"(Subsidi) itu nanti akan diumumkan dan itu insyaallah sudah berlaku dalam 1-2 hari ini sehingga kita dapat kemudahan dengan harga yang lebih murah," tandasnya. (rnl)

 

Artikel Terkait