Nasional

Wakasal : TNI AL Berkewajiban Menjaga Setiap Jengkal Wilayah NKRI

Oleh : luska - Senin, 11/09/2017 15:46 WIB

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A Taufiq R. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A Taufiq R menerangkan dalam tugasnya, TNI AL berkewajiban menjaga setiap jengkal yurisdiksi perairan Indonesia dari segala bentuk pelanggaran hukum.

“Tugas kita adalah membinan kekuatan dan kesiapan, agar sewaktu-waktu dapat digunakan Panglima TNI dalam menjaga kedaulatan laut,” terang Taufiq usai usai sebagai inspektur upacara di Dermaga Pondok Dayung Koarmabar, Senin (11/9/2017).

Dikatakan Taufiq, selain Operasi Militer Perang (OMP), TNI AL juga mempunyai  tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam masa damai. Hal yang kerap dilakukan oleh matra bermotto Jalesveva Jayamahe ini dalam melakukan tugas OMSP ialah membangun kesejahteraan masyarakat pesisir.

Sebagai contoh, lanjut Taufiq, Lantamal I Belawan membina masyarakat dengan budidaya ikan kerapu dan napoleon. “Setiap panen kita bisa mencapai 20 ton, ini sangat menopang perekonomian masyarakat pesisir,” tandas Taufiq.

Selain operasi, untuk menuju World Class Navy, TNI AL juga menyiapkan SDM yang tangguh dan berkwalitas, alutsista yang canggih dan andal, serta keorganisasian yang mumpuni.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa tema yang diangkat pada peringatan HUT ke 72 TNI Angkatan laut adalah “bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”.

Dimana sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, yang sadar akan jati dirinya sebagai tentara nasional yang terlahir dari rakyat, TNI Angkatan Laut senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional.(Lka)

Artikel Terkait