Pojok Istana

Presiden Jokowi Bertolak ke Vietnam dan Filipina

Oleh : very - Jum'at, 10/11/2017 13:07 WIB

Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto: Setkab.go.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi bertolak ke Da Nang, Vietnam, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dan ke Manila, Filipina untuk mengikuti KTT ASEAN.

Presiden dan rombongan bertolak ke Da Nang dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat, pukul 10.30 WIB menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ).

"Saya dan rombongan hari ini akan bertolak ke Da Nang Vietnam dan dilanjutkan ke Manila di Filipina," kata Presiden kepada wartawan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, seperti dikutip setkab.go.id.

Jokowi mengatakan dua agenda utama kunjungan kerja kali ini yaitu adalah menghadiri KTT APEC di Da Nang, Vietnam, dan KTT ASEAN di Manila.

"Tahun ini APEC mengambil tema greating new dinamisme Asia," kata Jokowi.

Presiden mengungkapkan, dalam KTT APEC kali ini, Indonesia mempersiapan development goal  utamanya menghilangkan hambatan non tarif bagi produk produk Indonesia yang berkontribusi kepada pembangunan pedesaan dan upaya pengentasan kemiskinan.

Selain itu, Indonesia juga berupaya mempersempit kesenjangan ekonomi dan inklusivitas.

Selanjutnya, pembangunan infrastruktur dan upaya mengedepankan rate time base policy.

Sementara pada KTT ASEAN, Indonesia akan mengupayakan peningkatan kerja sama, baik antara sesama anggota maupun ASEAN dengan negara mitra lainnya.

"Kita berharap kunjungan ini akan memberi manfaat yang besar bagi seluruh rakyat Indonesia," pungkas Presiden. (Very)

Artikel Terkait