Nasional

Sri Mulyani: Akan Membuat Instrumen Baru Pembiayaan Penanggulangan Bencana

Oleh : budisanten - Senin, 01/10/2018 19:01 WIB

Sri Mulyani, tanggung jawabnya adalah bagaimana menciptakan sumber dana dan mekanisme untuk pembiayaan tersebut. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS ID – Peristiwa tsunami yang menimpa Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah membuat Sri Mulyani mencari instrumen baru untuk pembiayaan bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Sebagai Negara yang rawan bencana alam, Indonesia seharusnya memiliki instrumen baru sebagai langkah cepat tanggap dalam penanganan musibah alam tersebut. Hal inilah yang dikatakan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, tadi pagi di kantornya, Senin (1/10).

Dalam waktu dekat ini, jika tak ada hambatan Pemerintah Republik Indonesia akan membicarakan instrumen tersebut dengan bantuan para ahli dari berbagai negara pada pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali.

"Supaya Indonesia bisa ciptakan instrumen baru antar daerah yang bisa masuk dalam APBN kita, bagaimana suatu support pada suatu daerah yang terkena bencana bisa langsung dilakukan," tuturnya.

Selain akan membicarakan instrumen di atas, Pemerintah rencananya akan menyusun beberapa langkah terkait hal tersebut. Diharapkan dengan penyusunan instrumen-instrumen baru itu bisa meningkatkan kesiapan daerah dalam penanganan bencana alam.

Ia berharap nantinya setiap daerah memiliki cukup kesiapan dalam penanganan musibah yang terjadi.

“Kami tentu tanggung jawabnya adalah gimana menciptakan sumber dana dan mekanisme untuk pembiayaan tersebut," katanya. (Abdi.K)

Artikel Terkait