Nasional

Debat Terbaik Abad Ini: Dr. Rizal Ramli Vs Luhut Binsar Pandjaitan

Oleh : very - Rabu, 10/06/2020 10:30 WIB

Debat Dr Rizal Ramli versus Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Rencana debat antara Menko Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan ekonom senior Dr. Rizal Ramli ditunggu-tunggu semua orang, termasuk para netizen.

Debat yang direncanakan dilangsungkan pada hari ini, Rabu (10/6) itu diprediksi akan menjadi debat paling menarik dalam sejarah bangsa.

Betapa tidak, inilah debat yang merupakan hasil dari “aksi saling menantang” yang cukup panjang. Kelompok “oposisi” yang diwakili oleh Rizal Ramli, getol menyuarakan hal kritis terkait dengan kebijakan pemerintah.  

Dari debat ini juga, kita akan mengetahui “ideologi” di balik perdebatan panjang tersebut, seperti isu tentang utang, pekerja asing, pengelolaan BUMN, atau yang teranyar yaitu terkait pendanaan untuk bantuan sosial dalam penanganan pandemi Covid-19.  

Adalah Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang mengajak pengkritik utama tentang kebijakan utang negara tersebut untuk berdebat. Dan gayung pun bersambut. Ajakan Luhut itu pun diamini oleh Rizal Ramli.

Bahkan, sebuah lembaga yang menyebutkan dirinya “Adam Corp” menyatakan bersedia mempersembahkan debat antara Dr. Rizal Ramli dengan Luhur Binsar Pandjaitan itu.

Beberapa pihak juga siap menyatakan siap mempertemukan keduanya dalam debat. Mulai dari dosen hingga para apolitisi siap menjadi promotor untuk ajang debat ini.

Salah satunya yaitu politisi dari Partai Demokrat, M. Adamsyah Wahab. Dia mengaku siap menjadi promotor debat mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Rizal Ramli dengan Luhut.

“Kalau Bang @RamliRizal debat sama Opung LBP seru kayaknya nih.
Saya bersedia menjadi promotor. Bagaimana dengan anda? RT (retweet) jika setuju. RT dan like jika setuju banget,” tuit Adamsyah dalam akunTwitter miliknya @DonAdam68.

Sebagai bukti keseriusannya, aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) itu juga bahkan telah membuat poster debat antara keduanya.

“Poster sudah kami siapkan. Menunggu televisi yg siap menayangkan debat terbaik abad ini,” ungkapnya.

Kesiapan Adamsyah ini juga mendapat dukungan dari Said Didu. Melalui akun Twitternya ia me-Retweet salah satu status terkait rencana debat tersebut. 

Kita tunggu saja, apakah debat tersebut akan benar-benar terlaksana, ataukah salah satu pihak sudah terhempas lebih dahulu, sebelum perdebatan digelar. (Very)

Loading...

Artikel Terkait