Daerah

Berdayakan Masyarakat Lokal, Kepala Karantina Pertanian Merauke Ikut Penanaman Sagu

Oleh : Mancik - Kamis, 13/08/2020 22:03 WIB

an bersama pohon sagu sebanyak 1500 pohon oleh Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman bersama masyarakat di Kampung Senegi, Distrik Animha.(Foto:Istimewa)

Merauke, INDONEWS.ID - Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman berpartisipasi bersama masyarakat menanam 1500 pohon bibit sagu pada lahan seluas 11576 Ha Kampung Senegi, Distrik Animha. Ini merupakan realisasi dari program restorasi lahan gambut yang telah direncanakan oleh pemerintah pusat.

Merauke sendiri lahan yang jumlah sangat potensiol untuk dimanfaatkan sebagai tempat penanaman sagu. Penanaman sagu ini akan mendukung kebutuhan pangan lokal dari masyarakat setempat.

"Sebanyak 1500 bibit ditanam pada lahan gambut seluas 15 Ha. Hal ini sebagai bentuk pemberdayaan masyakarat. Penanaman jenis sagu lokal sangat penting untuk menjaga plasma nutfah sagu Papua," kata Sudirman, Kamis,(13/08/2020)

Sagu merupakan pangan lokal yang dapat diolah menjadi berbagi macam produk salah satunya papeda yang menjadi makanan khas Papua. Sagu menjadi pilihan favorit masyarakat sehingga mengurangi ketergantungan bahan pangan dari luar.

"Sagu sudah melekat di masyakarat Papua, bisa menjadi pangan alternatif. Dan kita berharap produksinya besar agar mencapai pasar ekspor. Karantina akan membantu dengan program Gratieks-nya" tambahnya.

SobatQ, sagu bisa dijadikan pangan lokal alternatif pengganti beras.Kandungan karbohidrat sagu lebih tinggi dari jagung dan kentang. Mari kita dukung program diversifikasi pangan dengan cara konsumsi pangan lokal.

Untuk diketahui, program restorasi gambut yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Restorasi Gambut hingga saat ini masih terus berjalan.

Program ini sebagai upaya untuk mengelolah lahan gambut yang tersebar wilayah Indonesia dan belum dimanfaatkan.Salah satunya Kabupaten Merauke yang memiliki lahan gambut sekitar 11576 Ha.

Sejak tahun 2018 hingga 2019 sudah 70 Ha yang sudah diolah menjadi lahan persawahan. Tahun ini Merauke kembali mendapatkan program ini melalui penanaman bibit sagu untuk ditanam pada lahan gambut dibawah pembinaan Dinas Tanaman Pangan Hortikulturan dan Perkebunan.*

 

 

 

 

Artikel Terkait