Bisnis

Ercik Thohir Upayakan Vaksin Massal Covid-19 Bisa Terlaksana di Akhir Tahun 2020

Oleh : Ronald - Kamis, 03/09/2020 15:59 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir sekaligus Ketua Pelaksana Harian Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus merupakan Ketua Pelaksana Harian Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erick Thohir membuka peluang vaksin Covid-19 hadir lebih cepat. Vaksin tersebut diupayakan sudah tersedia pada akhir tahun.

"Untuk imunisasi atau vaksinasi akan kita lakukan insyaallah di awal tahun depan, kalau bisa lebih cepat bulan Desember alhamdulillah," katanya saat jumpa pers virtual, Kamis (3/9/2020).

Dirinya tak berjanji vaksin tersedia lebih cepat dari yang direncanakan sebelumnya pada 2021. Selain uji klinis, Erick menyiapkan proses vaksinasi, terutama mendata orang-orang yang diprioritaskan untuk disuntik.

Pihaknya pun melibatkan IDI dan PPNI untuk melakukan pemetaan orang-orang yang akan didahulukan mendapatkan vaksinasi, terutama para dokter dan perawat.

"Nah ini kan pengalaman kita juga kemarin melakukan subsidi gaji juga sama kita memastikan data siapa yang dibantu, gaji di bawah Rp 5 juta dengan BPJS Ketenagakerjaan. Nah sama juga, saya rasa sudah hal yang seyogyanya kita lakukan kerja sama, sinergi data ini dengan IDI dan PPNI," tandasnya. 

Sejak awal, kata Erick, Kementerian BUMN memang sudah bersikap agresif soal pengadaan vaksin ini. Selain mendorong percepatan pengembangan vaksin merah putih, pihaknya juga membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak, misalnya China dan Uni Emirat Arab (UEA). (rnl)

 

 

Artikel Terkait