Nasional

Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Presiden di Maluku

Oleh : luska - Senin, 22/03/2021 20:17 WIB

Maluku, INDONEWS.ID - Personel gabungan TNI-Polri pada Apel Gelar Pasukan, siap mengamankan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Provinsi Maluku, yang dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari, 24 s.d 25 Maret 2021, meliputi peninjauan proses vaksinasi covid-19 dan kesiapan Lumbung Ikan Nasional (LIN) serta pembangunan Ambon New Port.

Kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut, dipimpin langsung oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Gabriel Lema di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (22/03/2021) dan dihadiri oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, serta Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold AP Ritiauw.

Dalam amanatnya, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan, semua unsur yang terlibat dalam pengamanan VVIP, memegang peranan yang sangat penting dan strategis untuk menjaga keamanan dan keselamatan obyek pengamanan VVIP,  sehingga diperlukan kejelasan tugas, tanggungjawab dan rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan maupun sasaran pengamanan dapat dicapai secara optimal.

"Hari ini kita melaksanakan Apel Gelar Kesiapan Pengamanan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan, baik perorangan maupun hubungan satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) pengamanan VVIP, sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur dalam pelaksanaan pengamanan VVIP di lapangan" ujar Kasdam.

Selanjutnya, Kasdam menekankan untuk melakukan cegah dini dan deteksi dini terhadap pihak-pihak yang ingin mengganggu keamanan obyek pengamanan VVIP melalui tindakan preventif dan hindari tindakan represif, melaksanakan pengamanan sesuai prosedur, mengantisipasi kemungkinan obyek pengamanan VVIP melakukan kegiatan di luar agenda yang telah direncanakan.

“Ambil tindakan tegas sesuai Standart Operation Procedure (SOP) terhadap pihak-pihak tertentu yang nyata-nyata mengganggu keamanan dan keselamatan obyek pengamanan VVIP, namun tetap humanis dan sopan”, tegas Kasdam.

Diakhir amanat, Kasdam menekankan agar seluruh personel pengamanan tetap memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan selama pelaksanaan pengamanan di lapangan. (Lka)

Artikel Terkait