Daerah

Tanggapan DPRD Atas Tiga Ranperda Dijawab Bupati Dan Wakil Bupati secara Bergantian

Oleh : luska - Kamis, 08/07/2021 10:12 WIB

Tanahdatar,INDONEWS.ID ---Bupati Tanahdatar Eka Putra Dan Wakil Bupati Richi Aprian jawab tanggapan DPRD Tanahdatar Datar secara bergantian dalam sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar

Rapat paripurna dipimpin  Ketua DPRD H. Rony Mulyadi didampingi Wakil Ketua Saidani dan Anton Yondra, Sekwan Elizar dan dihadiri 25 anggota Dewan, Forkopimda, Plh Sekda Edisusanto, Asisten, Staf Ahli Bupati, dan Pimpinan OPD.

Bupati Tanah Datar Eka Putra  dan Wakil Bupati menjawab pertanyaan atau tanggapan delapan fraksi DPRD terkait tiga Tiga Ranperda yang diajukan Pemkab Tanah Datar adalah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 - 2026, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, dan tentang Perpustakaan.

Dalam tanggapan DPRD dalam pandangan umum disampaikan  delapan fraksi DPRD yakni Fraksi PKS, PPP, Hanura, Demokrat, Nasdem, PAN, Gerindra dan Fraksi Perjuangan Golkar.

Bupati Eka Putra menyampaikan penyusunan Ranperda RPJMD 2021 - 2026 berdasarkan visi, misi, dan program kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 berpedoman pada RPJPD 2005 - 2025, RPJMN 2020-2024, RPJMD Teknokratik dan kajian lingkungan hidup strategis.

"Periodesasi RPJMD berdasarkan masa jabatan dan bukan berdasarkan waktu menjabat sehingga periodesasinya menjadi 2021-2026," tutur Bupati.

Perda tentang RPJMD 2021-2026 ini dapat menjadi solusi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan menuju masyarakat Tanah Datar yang madani dan sejahtera.

Sementara itu, Wabup Richi menyampaikan Ranperda tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ini sehubungan dengan pengelolaan pemerintahan yang menjadi urusan wajib dan tidak berkaitan dengan pelayanan dasar yang diselenggarakan pemerintah.

"Berkenaan dengan hal itu, Pemkab Tanah Datar perlu memiliki payung hukum untuk pengelolaan sistem pemerintahan berbasis elektronik akan lebih optimal, terencana, dan terkoordinir,

Kemudian Wabup menjelaskan untuk Ranperda Perpustakaan akan diatur tanggung jawab pemda dalam menjamin penyelenggaraan perpustakaan daerah berdasarkan standar nasional, melaksanaan pembudayaan gemar membaca melalui keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat.

Bupati dan Wabup sampaikan siap menerima semua saran dan tanggapan anggota Dewan dan mengucapkan terima kasih dalam rangka penyempurnaan tiga ranperda yang diajukan. (M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait