Opini

Almarhum Pak Sabam Sirait yang saya kenal

Oleh : luska - Kamis, 30/09/2021 12:47 WIB

Oleh : Muhammad AS Hikam

Salah seorang putra bangsa terbaik, Pak Sabam Sirait, pendiri PDIP, politisi terkemuka, dan tokoh nasional, telah wafat dalam usia 85 th. Kita sebagai sesama warganegara RI menundukkan kepala dan ikut berbelasungkawa.

Secara pribadi saya pernah bersama almarhum di Komisi I DPR RI, kendati dalam tempo tak lama. Saya mengenal Pak Sabam, demikian panggilan akrab beliau, pertama kali ketika beliau berkunjung ke Honolulu, Hawaii dan saya masih sekolah di sana. Masih teringat jelas, saya berpapasan di sebuah toko buku, di mall Makalele, daerah baratdaya pulau Oahu. Juga setelah itu bertemu lagi di acara ngobrol2 dg Permias Hawaii di kampus Univ Hawaii at Manoa.

Pak Sabam, di mata saya sebagai kolega dan sebagai seorang politisi senior, adalah sosok teladan pemimpin yg berkarakter pemberani, terus terang, dan cerdas serta berkemampuan tinggi dalam menghadapi situasi politik yg volatile. Itu salah satu sebab mengapa Ompung ini menjadi salah seorang yg jadi pilar utama bagi PDIP sejak didirikan.

Bangsa kita kehilangan salahbseorang putra terbaiknya. Semoga teladan almarhum akan diwarisi oleh para generasi milennial maupun generasi Z. Di dalam maupun di luar PDIP.(MASH)

SELAMAT JALAN OMPUNG!! RIP

 

Loading...
TAGS :

Artikel Terkait