Bisnis

Ekonomi Sedang Turun, Rizal Ramli: Stop Dulu Sejumlah Proyek Infrastruktur

Oleh : very - Senin, 16/05/2022 07:31 WIB

Rizal Ramli dalam acara halal bihalal dan HUT ke-4 ASPRINDO di Sari Minang Juanda Jakarta, Sabtu (14/5/2022). (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Kondisi perekonomian saat ini sedang sulit. Apalagi di saat bersamaan pemerintah harus membayar utang dengan bunganya yang sudah jatuh tempo. Belum lagi, sejumlah proyek infrastruktur pemerintah belum mendatangkan keuntungan. Yang ada pemerintah terus saja menggenjot pembangunan infrastruktur.

Ekonomi senior Dr Rizal Ramli mengatakan bahwa salah besar jika pemerintah masih terus saja menggenjot sejumlah proyek dalam kondisi yang defisit.

“Seharusnya, saat sedang menurun, kita fokus pada usaha yang menghasilkan duit. Jangan malah sibuk proyek terus. Lalu bayarnya bagaimana? Ya hutang lagi,” ujar Rizal dalam acara halal bihalal dan HUT ke-4 ASPRINDO di Sari Minang Juanda Jakarta, Sabtu (14/5/2022).

Untuk membayar hutang, kata mantan Menko Perekonomian itu, pemerintah tak punya pilihan selain meningkatkan akses pemasukan melalui peningkatan pajak dan meningkatkan harga komoditas.

“Sebetulnya, kondisi Indonesia saat ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk recovery. Tapi sayangnya pemerintah sibuk menaikkan harga dan pajak. Karena pemerintah tak punya anggaran,” ujarnya seperti dikutip KedaiPena.com.

Ia menyebutkan mengurus pemerintah, tak beda dengan mengurus perusahaan atau keluarga.

“Kalau sedang tidak ada uang, ya berhenti dulu. Setelah ada uang, baru lanjut lagi proyeknya. Sementara pemerintah sekarang, sudah tahu pemasukannya menurun, tetap saja melanjutkan proyek ini itu,” ujarnya.

Rizal menyebutkan bahwa pokok hutang Indonesia tahun ini sudah mencapai Rp400 triliun dengan bunga hutang mencapai Rp380 triliun.

“Bayar bunganya saja sudah sudah. Apalagi bayar pokoknya,” pungkasnya. ***

Loading...

Artikel Terkait