Opini

Komunikasi Politik Sketsa Kepala Daerah

Oleh : luska - Sabtu, 23/07/2022 10:06 WIB

Penulis : Aldio Surya Dirga, S.STP, M.Si

Komunikasi politik adalah cara kepala daerah dalam menyampaikan keresahan dan harapannya. Melalui komukasi politik, kita dapat mengetahui segala hal tentang kepala daerah. Kemampuan kepala daerah dalam berkomukasi mencerminkan sosok kepala daerah tersebut. Dalam cermin tersebut tampak sketsa yang menggambarkan sang kepala daerah. sebuah bayangan yang tidak terlalu jelas tetapi apabila lebih diperhatikan lagi akan memperlihatkan sekilas sosok aslinya.

Sketsa juga dapat menjadi akronim yang menjadi cerminan komunikasi politik, yaitu :

Sinergitas. komunikasi politik yang dijalin dengan baik mencerminkan kemampuan kepala daerah untuk bersinergi dengan masyarakat, aparatur pemerintahan, partai politik, jajaran vertikal. sinergitas yang baik juga akan memudahkan kepala daerah untuk membuat koalisi dan berkolaborasi untuk menyukseskan program kerjanya.

Kompetensi. melalui komunikasi politik kepala daerah, masyarakat dapat melihat kemampuan retorika kepala daerah dan mengambil hati masyarakat, kecerdasan dalam pengambilan keputusan, komitmen kepala daerah dalam mengaktualisasikan dan mewujudkan janji politik yang dibuatnya, serta kemampuannya dalam mengkoordinir aparatur dalam setiap kegiatan.

Etika. etika kepala daerah tampak dari caranya berkomunikasi. berdasarkan komunikasi yang dijalin dalam kampanye dan bersosialisasi, masyarakat dapat melihat kepala daerah yang memiliki attitude yang menjaga moral, etika jabatan dan etika pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari.

Transaksi. komunikasi politik adalah cara kepala daerah untuk membuat transaksi dan bernegosiasi dengan pihak-pihak yang berwenang untuk mewujudkan program kerjanya dan kebutuhan masyarakatnya. masyarakat harus memilih kepala daerah yang menggunakan cara bertransaksi yang benar untuk menghindari kesalahan prosedur.

Saluran aspirasi. komunikasi yang berjalan dua arah dan kemampuan membuat saluran aspirasi akan terlihat dari kemampuan kepala daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat, menyampaikan kepada aparatur penyelenggara untuk dibuatkan produk hukum yang mengakomodir kebutuhan dan kepentingan sesuai aspirasi masyarakat.

Adaptif. melalui komunikasi politik akan tercermin kemampuan kepala daerah untuk beradaptasi dengan teman berkomunikasinya. pemimpin harus mengetahui waktunya memainkan peran sebagai pemimpin, teman, orang tua, dan pendengar. kepala daerah juga harus mengetahui waktu yang tepat untuk keras dan santai. 

Artikel Terkait