Opini

Suasana harian Bali di KTT G20

Oleh : luska - Selasa, 15/11/2022 13:08 WIB

Penulis : Prof Tjandra Yoga Aditama, dari Pantai Benoa, Bali

Saya diundang oleh Direktorat Komunikasi dari “Presidency of the Republic of Turkiye” untuk menjadi pembicara acara G20 di Bali yang mereka selenggarakan pada 14 November 2022. Saya datang ke Bali pada 13 November, H-2 sebelum puncak KTT G20 Bali pada 15 Nov. Walaupun disebut penerbangan akan sibuk tetapi mungkin karena saya mendapat siang hari maka situasi bandara biasa-biasa saja.

Saya dijemput oleh Mercedes yang disediakan bagi delegasi Turkiye (ini nama resmi Turki sekarang), yang mobilnya  tentu sudah ada izin khusus untuk masuk lokasi. Sepanjang perjalanan situasi kehidupan nampak biasa saja, hanya memang banyak TNI dan POLRI yang berjaga, juga banyak sekali umbul-umbul dan bendera negara G20.

Sesampai di hotel di daerah Tanjung Benoa maka mulai ada beberapa hal menarik. Di hotel saya ternyata tinggal juga dua kepala negara sehingga keamanan amat ketat. Di dalam hotel semua tamu harus mengenakan gelang kertas khusus, dan TNI ada di berbagai sudut hotel. Di tepi pantai juga TNI berjaga, dan tamu hotel hanya boleh olahraga di pantai hotel saja, tidak boleh ke hotel sebelah, dipasang barikade dan dijaga TNI. Yang amat menarik, TNI yang berjaga amat ramah, kalau kita lewat maka mereka selalu menyapa selamat pagi atau sore, jadi walaupun ada di mana-mana tetapi memberi rasa nyaman. PasPamPres dua Kepala Negara lain itu juga banyak di hotel, sebagian bahkan pakai baju batik.

Yang juga menarik, di pantai Benoa dihari pertama saya datang ada kapal perang, di hari ke dua kapal perangnya jadi 3 buah dan di hari ke tiga bahkan ada kapal rumah sakit milik TNI. Yang juga unik, walaupun ada kapal berjaga, tetapi lebih dekat kearah pantai para turis yang ada tetap bisa olahraga air, ada yang naik banana boat, ada yang naik parasut ditarik speed boat dll, menarik juga. Di sepanjang jalan di depan hotel bersliweran mobil-mobil listrik untuk para delegasi, sebagian juga mampir di “mart” terdekat.

Pada hari pertama KTT G20 tadi pagi saya ke Media Center dan juga studio TVRI untuk di wawancara. Senang melihat ribuan wartawan berbagai negara yang duduk di Media Center yang amat luas itu, dan Tentunya mengirim berita dari Bali ke seluruh dunia.

Baca juga : Gebrak dan Destar

Semoga KTT G20 Bali memberi peran besar bagi keselamatan dunia dan kesejahteraan umat manusia.

 

Artikel Terkait