Opini

Penanganan kesehatan gempa bumi

Oleh : luska - Selasa, 22/11/2022 08:45 WIB

Penulis : Prof Tjandra Yoga Aditama (Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI / Guru Besar FKUI, Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit serta Mantan Kabalitbangkes)

Kita tentu amat berduka dengan lebih dari 160 orang yang wafat dan ratusan yang luka-luka akibat gempa di Cianjur dan sekitarnya, sesuai data sampai tadi malam.

Baca juga : PDPI 50 Tahun

Kemarin sampai malam dan pagi hari ini korban terus berjatuhan dan memang menurut berbagai data ilmiah maka beberapa jam sesudah gempa akan banyak ditemukan kasus serius, luka, patah tulang sampai kerusakan organ dalam tubuh akibat berbagai benturan ketika gempa. Kasus-kasus berat dapat mengakibatkan gangguan berbagai alat/sistem tubuh yang memerlukan penanganan segera. Salah satu penelitian lain menunjukkan dari kasus-kasus yang ada maka sekitar 65% mengalami luka-luka, 22% patah tulang, 6% kerusakan jaringan lunak dan persentasi cukup banyak yang ada trauma di tungkai dan lengan.

Sesudah hari-hari pertama sesudah bencana maka akan timbul berbagai masalah kesehatan lain, bahkan mungkin sampai ke terjadinya gagal multi organ, atau infeksi berat sampai dapat terjadi sepsis dll. Tentu juga perlu diwaspadai perburukan penyakit kronik yang memang sudah ada pada warga sejak sebelum gempa, dan ini harus diantisipasi sejak sekarang. Juga perlu diwaspadai setidaknya empat jenis kemungkinan merebaknya penyakit menular, yaitu:
a) penyakit yang ditularkan melalui air (“water-borne disease”)
b) penyakit menular lewat makanan (“foodborne disease”)
c) penyakit paru dan  pernapasan
d) penyakit yang menular melalui kontak langsung antar manusia

Sebagai penutup saya sampaikan 6 langkah kesehatan yang perlu dilakukan pada saat bencana seperti gempa ini, yaitu:

1) penilaian cepat apa yang dibutuhkan segera (“rapid needs assessments”);

2) mengevaluasi apa sumber daya yang tersedia dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan. Dalam hal ini pengaturan pelayanan di RS di Cianjur dan sekitarnya sebaiknya jadi prioritas utama untuk dilaksanakan;

3) upaya pencegahan terhadap dampak kesehatan selanjutnya, sesudah yang yerjadi di jam-jam dan hari-hari pertama sesudah gempa;

4) segera menerapkan strategi pengendalian penyakit, baik menular maupun tidak menular yang kronik;

5) selalu melakukan evaluasi terhadap efektifitas strategi yang dilakukan;

6) perbaikan “contingency planning” untuk antisipasi kemungkinan bencana di masa datang

 

Artikel Terkait