INDONEWS.ID

  • Selasa, 08/05/2018 15:27 WIB
  • Aster Kasad : Melalui TMMD TNI AD Bangun Karakter Generasi Muda

  • Oleh :
    • luska
Aster Kasad : Melalui TMMD TNI AD Bangun Karakter Generasi Muda
Rakornis TMMD 102 TA 2018.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Supartodi memaparkan tema Rakornis TMMD 102 yaitu "Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial". hal ini bertujuan agar sinergitas yang dilakukan dapat meningkatkan kapasitasdan kualitas para generasi muda, agar mereka tumbuh dan berkembang sebagai generasi milenial yang kompetitif dan mandiri serta berkarakter kebangsaan.

Hal tersbut dijelaskan oleh Aster Kasad yang juga penanggung Jawab Opreasional TMMD saat menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 TA 2018, bertempat di Gedung Balai Sudirman Tebet, Jakarta Seiatan. Seiasa ( 8/5/2018).

Baca juga : Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta

Dikatakan Supartodi, hampir setiap dekade terjadi perubahan generasi muda dari mulai pre baby boom yang lahir sebelum tahun 1945, baby boom, generasi X

" Seperti saya, kemudian generasi Y dan Z yang lahir antara 1997 s.d 2009. Bahkan kini muncul lagi generasi Alpha yang lahir pada tahun 2010," terang Aster Kasad.

Baca juga : Pembubaran Ibadah Mahasiswa Katolik UNPAM, Bangun Ekosistem Toleransi Harus Jadi Perhatian Bersama

Evolusi generasi tadi, lanjutnya, sifatnya bukan pemetaan kelompok usia namun juga didasarkan kepada kesamaan karakteristik umum yang melekat dalam cara berfikir, bersikap dan bertindaknya.

Dalam hal ini, TNI AD memandang sangat penting untuk bersama-sama melakukan pembinaan generasi muda yang adaptif dan terus menerus, sehingga dapat diterima setiap generasi secara berkesinambungan.

Baca juga : Mendagri Tegaskan Musrenbangnas sebagai Wadah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah

" Perlu kita pahami bahwa, secara umum generasi muda kita saat ini terdiri dari generasi Y dan Z atau lebih dikenal dengan Generasi Milenial atau Generasi Y, yaitu para pemuda lahir dan hidup di era teknologi dan keterbukaan informasi," kata Supartodi

Ditambahkannya, kondisi ini tentu telah membangun kultur dan cara bersikap mereka yang rentan terhadap pengaruh budaya asing, yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

Untuk itu, sambungnya, kita perlu membangun komunikasi antar generasi yang konstruktif dan dialogis guna mewariskan nilai-nilai luhur Bangsa secara berkesinambungan sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga generasi pemimpin masa depan kita memiliki karakter-karakterkepemimpinanmilenial yang kaya akan ide dan gagasan, terbiasa berpikir out of the box dan percaya diri. Kemudian dapat mengungkapkan pendapatnya tanpa ragu-ragu serta pandai bersosialisasi dan mampu memilah mana yang baik dan yang buruk, tanpa menghilangkan identitas ke-Indonesia-an.

" Saya juga berharap, agar kegiatan ini dapat dijadikan sebagai momen bagi generasi muda dalam mengukur kualitas individu masing-masing, serta out come-nya bisa dijadikan umpan balik bagi pemerintah maupun keluarga mereka, gunameningkatan kualitas generasi muda, baik dari aspek pendidikan, kesehatan maupun mentalnya." tutup Aster Kasad.

Sebagai informasi TMMD 102 tahun ini juga akan dilaksanakan lomba karya jurnalistik TMMD, yang melibatkan rekan wartawan maupun mitra media beserta seluruh Dansatgas di wilayah sasaran, yang pelaksanaanya di daerah akan dikoordinir Dansatkowil unsur Penerangan setempat.

Secara khusus, pada TMMD ke-102 ini, TNI AD akan melaksanakan Kampanye Kreatif dan Penerimaan calon prajurit di daerah-daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD. Kegiatan ini, sesungguhnya dilakukan untuk menjaring para calon prajurit TNI AD yang terbaik dari seluruh wilayah Indonesia. Ini perlu dilakukan, karena saat ini TNI AD tengah membangun kekuatan pertahanan matra daratdengan konstruksi Sumber Daya Manusia yang unggul. (Lka)

Artikel Terkait
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pembubaran Ibadah Mahasiswa Katolik UNPAM, Bangun Ekosistem Toleransi Harus Jadi Perhatian Bersama
Mendagri Tegaskan Musrenbangnas sebagai Wadah Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah
Artikel Terkini
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas