INDONEWS.ID

  • Minggu, 29/09/2019 11:42 WIB
  • Petani Cilincing Kelola Lahan Tidur Untuk Lengkapi Kebutuhan Cabai 125 Ton

  • Oleh :
    • tirto prima putra
Petani Cilincing Kelola Lahan Tidur Untuk Lengkapi Kebutuhan Cabai 125 Ton
Area lahan tidur yang dikelola menjadi lahan produktif pertanian cabai di Cilincing, Jakarta Utara

Jakarta, indonews.id - Kementerian Pertanian terus mendorong ketersediaan cabai agar seluruh wilayah mampu memenuhi kebutuhannya. Termasuk wilayah DKI Jakarta, kini mulai mengembangkan tanaman cabai dan aneka sayuran daun dengan memanfaatkan lahan tidur guna memenuhi kebutuhan di wilayahnya. 

DKI Jakarta selama ini merupakan salah satu wilayah yang mengalami defisit cabai. Dengan jumlah penduduk 10,5 juta jiwa, ibukota membutuhkan kurang lebih 125 ton cabai per hari. Namun pasokannya masih bergantung kepada wilayah luar DKI Jakarta seperti Jabar, Jateng, Jatim NTB, Bali dan Makassar.

Baca juga : Kampung Inovasi Subang, Langkah Nyata IPB dalam Pemenuhan Pangan

Mendukung peningkatan produksi di wilayah DKI Jakarta, Ditjen Hortikultura mengalokasikan bantuan APBN 2019 seluas 5 ha. Lokasi pengembangan difokuskan di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara seluas 3 ha, sisanya di Kecamatan Duren sawit Jakarta Timur dan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Untuk mensukseskan program tersebut, BPTP Provinsi DKI turut memberikan pendampingan teknologi budidaya dan memberikan bantuan saprodi. 

Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta, Taufik saat di temui di kantor Dinas DKI Jakarta, Jum’at (27/9) menyampaikan bahwa DKI optimis pengembangan cabai di wilayahnya dapat berproduksi dan menyumbang kebutuhan pasar DKI.

Baca juga : PJ Bupati Maybrat Gelar Buka Puasa Bersama, Hadirkan Dr. Indah Megawati dari Kementan RI

"Kami sudah lakukan uji coba budidaya cabai. Beberapa kali musim tanam produksinya cukup bagus. Petani kami juga mampu menerapkan budidaya cabai sesuai anjuran dari BPTP DKI", jelas Taufik.

Hal senada disampaikan Penyuluhan Pertanian Lapangan Sudin KPKP Jakarta Utara Sutrisno, yang sangat mendukung program pengembangan cabai di wilayah Cilincing. 

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Bahas Pengembangan Pertanian dengan Direktur Pembiayaan Pertanian, Kementerian Pertanian

"Petani kami sudah pernah menanam cabai sebagai tumpang gilir dengan aneka sayuran daun yang ditanam di lahan milik pemprov DKI yang belum termanfaatkan,” kata Sutrisno.

KT Garden Jaya merupakan salah satu kelompok petani yang sukses menjalankan usaha budidaya sayuran di wilayah Cilincing. Rasum, salah satu petaninya, berhasil menyulap lahan tidur seluas 20 ha menjadi lahan produktif dengan dibantu 23 petani lainnya. 

"Tiap hari kami panen semua jenis sayuran dan sudah mempunyai pasar, pedagang tinggal ambil dan bayar ditempat", ujar Rasum saat ditemui di lokasi lahan produktif.

Saat ditanya berapa omzet hariannya, dengan penuh senyum Rasum menjawab, "Lumayan lah". Diperkirakan nilai perdagangan sayuran di wilayah tersebut mencapai tidak kurang dari 5 juta per hari.

Artikel Terkait
Kampung Inovasi Subang, Langkah Nyata IPB dalam Pemenuhan Pangan
PJ Bupati Maybrat Gelar Buka Puasa Bersama, Hadirkan Dr. Indah Megawati dari Kementan RI
Pj Bupati Maybrat Bahas Pengembangan Pertanian dengan Direktur Pembiayaan Pertanian, Kementerian Pertanian
Artikel Terkini
Didik J Rachbini: Gagasan Menyatukan Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Baik dan Berani
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas