Meja pengaduan bagi warga DKI Jakarta di Balaikota.(Indonews.id/Luska)
Jakarta, INDONEWS.ID - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat memenuhi janjinya dalam melakukan pelayanan pengaduan masyarakat.
Semula saat Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) aktif setiap pagi Ahok selalu menemui langsung warga yang ingin mengadu kepada dirinya, ahok selalu melayani masyarakat satu per satu dan sebelum memulai sesi pengaduan, Ahok biasanya membuka sesi dengan berfoto bersama, tradisi tersebut tetap dilanjutkan oleh Plt Gubernur DKI Djarot, namun ada sedikit yang berbeda.
Djarot sedikit berbeda, dalam meneruskan rutinitas Ahok, Djarot menyiapkan lima meja dan lima petugas jaga untuk meladeni warga. Setiap meja mempunyai tugas masing masing, ada meja pendidikan, kesehatan, perizinan, rusun, dan pengaduan umum.
Djarot menilai cara ini akan memudahkan warga, tertib, dan santai.
“Ini untuk memudahkan warga, nanti ke depan kami sedang berpikir supaya lebih fokus lagi. Itu nanti kami bikin per hari dan mereka harus tahu. Ya, kayak dokter praktik begitu lho," ujar Djarot di Balaikota Jakarta, Jumat (12/5/2017).
Misalnya, lanjut Djarot, untuk permasalah pendidikan dan kesehatan akan dibuka pada Senin, Rabu, dan Jumat. Kemudian, pada hari berikutnya akan digunakan untuk pengaduan bidang lainnya.
Pelayanan akan terus dibuka lima dalam satu pekan. Sementara tanggal merah atau hari libur, pengaduan akan ditutup.
"Jadi ini kayak dokter spesialis. Praktik pemerintah melayani warganya. Kayak dokter spesialis layani praktek. Dengan cara seperti itu akan lebih banyak yang tertampung. Tapi ini masyarakat harus tahu lebih dahulu," ujar Djarot.
Seperti yang terlihat Jumat pagi ini, warga Jakarta kembali memenuhi pendopo Balai Kota Jakarta, mereka datang untuk mengadukan permasalahannya.
Petugas SKPD Pemprov DKI yang betugas terlihat ramah dan mendengarkan keluh kesah mereka.
Seperti diketahui, hari pertamanya bekerja sebagai Pelaksana Tugas Gubernur, Plt Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan akan mengubah cara pelayanan pengaduan warga yang setiap hari dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Nonaktif, Basuki T. Purnama (Ahok) di Balai Kota.
Djarot mengaku akan membuat pos-pos pelayanan yang dibagi sesuai dengan masalah yang kerap diadukan warga.
“Sistem pengaduan warga kita akan ubah agar lebih tertib. Kita bikin cluster sesuai dengan bidang masing-masing. Ada cluster pendidikan, kesehatan, perumahan, serta masalah yang umum dan kompleks,” ujar Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2017).(Lka)