INDONEWS.ID

  • Jum'at, 30/04/2021 15:45 WIB
  • Jangan Remehkan Prokes! Ahli Virologi Ungkap Penyebab India Dihantam Tsunami Covid-19

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Jangan Remehkan Prokes! Ahli Virologi Ungkap Penyebab India Dihantam Tsunami Covid-19
Ahli Virologi Universitas Udayana Bali, Prof I Gusti Ngurah Kade Mahardika dalam Dialog Produktif bertema Belajar dari India Tingkatkan Kepatuhan Prokes Sekarang Juga yang diselenggarakan KPCPEN dan ditayangkan di FMB9ID_IKP, Kamis (29/4).

Jakarta, INDONEWS.ID - Penyebab gelombang tsunami covid-19 yang menghantam India beberapa minggu terakhir belum bisa dipastikan sepenuhnya sebagai akibat dari mutasi varian baru covid-19. Namun diduga disebabkan faktor euforia vaksinasi yang masih rendah.

Demikian disampaikan Ahli Virologi Universitas Udayana Bali, Prof I Gusti Ngurah Kade Mahardika dalam Dialog Produktif bertema "Belajar dari India Tingkatkan Kepatuhan Prokes Sekarang Juga" yang diselenggarakan KPCPEN Kamis (29/4).

Baca juga : Pelajaran Bagi Indonesia! Ahli Virologi Beberkan Cara Ampuh Hindari Tsunami Covid-19 Seperti India

Sebagaimana diketahui, sejumlah negara di dunia terus melaporkan perkembangan adanya varian baru. India secara khusus terus meembus rekor baru setiap harinya. Beberapa hari terakhir, negara tersebut
mencatatkan penambahan kasus positif harian di atas 300 ribu dengan tingkat fatalitas mencapai ribuan.

"Apa yang terjadi di India masih belum pasti disebabkan oleh mutasi virus Covid-19 tapi kita belajar bahwa kerumunan, dan euforia vaksinasi menjadi faktor terbesar yang membuat terjadinya tsunami Covid-19 di India. Hal ini bisa dicegah dengan bersama-sama mematuhi protokol kesehatan 3M," kata Prof. Mahardika.

Baca juga : Catatan Bagi Indonesia! Prof Tjandra Aditama Ungkap 5 Fakta India Dihantam Tsunami Covid-19

Prof Mahardika menjelaskan bahwa capaian vaksinasi di India sebenarnya masih berkisar di angka 7% dari jumlah penduduknya. Artinya, euforia vaksinasi masyarakat di India masih dini namun sudah lalu menerapkan protokol kesehatan.

"Euforia vaksinasi di India masih dini. Jangan sampai ini terjadi di Indonesia, karena lingkup vaksinasi di Indonesia baru menyentuh angka sekitar 2,5% dari jumlah penduduk," terangnya.

Maka dari itu, ia menyarankan agar gelombang tsunami covid-19 yang menghantam India harus dijadikan pelajaran berharga bagi Indonesia. Sebab seiring meningkatnya kasus covid-19, akan diikuti oleh meningkatnya fatalitas.

“Pelajaran yang harus kita pegang dari kejadian di India adalah, begitu kasus COVID-19 meningkat maka diikuti oleh meningkatnya fatalitas atau angka kematian,” kata Prof Mahardika.

Ia menambahkan, peristiwa tsunami covid-19 di India bisa dicegah agar tidak terjadi juga di Indonesia yakni dengan bersama-sama mematuhi protokol kesehatan 3M antara lain mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

"Hal ini bisa dicegah dengan bersama-sama mematuhi protokol kesehatan 3M," ungakpnya Prof Mahardika.*(Rikard Djegadut)

 

Artikel Terkait
Pelajaran Bagi Indonesia! Ahli Virologi Beberkan Cara Ampuh Hindari Tsunami Covid-19 Seperti India
Catatan Bagi Indonesia! Prof Tjandra Aditama Ungkap 5 Fakta India Dihantam Tsunami Covid-19
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas