INDONEWS.ID

  • Selasa, 07/09/2021 08:30 WIB
  • Ketua DPR RI di Forum Parlemen: Perempuan Berperan Penting dalam Penanganan Pandemi

  • Oleh :
    • luska
Ketua DPR RI di Forum Parlemen: Perempuan Berperan Penting dalam Penanganan Pandemi

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada pertemuan Forum Parlemen Perempuan ke-13 (13th Summit of Women Speaker /SWS) yang digelar pada 6 September 2021, Ketua DPR RI, Puan Maharani, telah berpartisipasi sebagai salah satu dari 4 panelis pada sesi debat. Adapun 3 panelis lainnya adalah pejabat setingkat Ketua Parlemen dari Bahrain, Argentina dan Belgia. 

Sesi debat tersebut mengangkat mosi yang menekankan bahwa petugas kesehatan perempuan di lini depan penanganan pandemi COVID-19 dinilai lebih efektif dalam menjalankan layanan kesehatan daripada pria di bidang yang sama.

Baca juga : Menukik! Ketua DPP PDIP: Kita Akan Hadapi Kawan Lama yang Sudah Jadi Lawan Baru

Ketua DPR RI juga menyampaikan bahwa kesetaraan gender dapat terwujud dengan dukungan semua pihak. Kaum perempuan telah berkontribusi terhadap 67 persen tenaga medis di Indonesia khususnya perawat dan ujung tombak sektor kesehatan. Dalam kaitan ini, diperlukan akses dan kesempatan yang sama bagi perempuan dan pria dalam menangani pandemi COVID-19. 

Pada sesi tanya jawab yang salah satunya membahas terkait vaksinasi, Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga menjelaskan bahwa Indonesia mendukung adanya pemerataan akses vaksin. Terkait vaksinasi, Pemerintah Indonesia telah memberikan vaksin dosis pertama kepada sekitar 100 juta penduduk Indonesia dan selanjutnya menargetkan semakin banyak penduduk Indonesia yang mendapatkan vaksin kedua pada akhir 2021. 

Baca juga : Ketua DPR RI Puan Maharani dan PM Jepang Fumio Kishida Sepakati Penguatan Kerja Sama Antar Parlemen Kedua Negara

“Partisipasi parlemen Indonesia sebagai panelis menunjukkan adanya kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia untuk berbagi berbagi pengalaman dan mendorong sinergi antar para pimpinan parlemen perempuan dalam menciptakan kesetaraan gender pada masa pandemi“, ujar Puan Maharani. 

Forum Parlemen Perempuan ke-13 merupakan bagian dari rangkaian acara 5th World Conference of Speaker Parliament (WCSP) yang akan berlangsung dari tanggal 6 – 9 September 2021.

Baca juga : Hasto: Mbak Puan Ikut Melirik Gibran Jadi Cawapres Ganjar

Forum tersebut menyoroti perkembangan kesetaraan gender bagi perempuan dan anak perempuan dan sekaligus mencari solusi efektif untuk pemulihan kebijakan responsif gender akibat pandemi COVID-19.  

Ketua DPR RI juga telah dijadwalkan untuk kembali menjadi pembicara pada salah satu debat umum pada hari kedua, yang bertemakan isu pembangunan berkelanjutan serta akan melaksanakan pertemuan bilateral dengan parlemen Korea Selatan, parlemen Timor Leste dan Presiden Inter-Parliamentary Union (IPU).(Lka)

Artikel Terkait
Menukik! Ketua DPP PDIP: Kita Akan Hadapi Kawan Lama yang Sudah Jadi Lawan Baru
Ketua DPR RI Puan Maharani dan PM Jepang Fumio Kishida Sepakati Penguatan Kerja Sama Antar Parlemen Kedua Negara
Hasto: Mbak Puan Ikut Melirik Gibran Jadi Cawapres Ganjar
Artikel Terkini
Efferty Susu Kambing Malaysia, Solusi bagi Pasutri yang ingin Keturunan
Didik J Rachbini: Gagasan Menyatukan Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Baik dan Berani
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas