INDONEWS.ID

  • Sabtu, 23/07/2022 06:42 WIB
  • Dukung Peningkatan Realisasi Anggaran Pemda Kalimantan Selatan, LKPP Siap Bantu tingkatkan Pengelolaan Katalog Lokal

  • Oleh :
    • luska
Dukung Peningkatan Realisasi Anggaran Pemda Kalimantan Selatan, LKPP Siap Bantu tingkatkan Pengelolaan Katalog Lokal

Banjarmasin, INDONEWS.ID - Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) proaktif membantu Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan penggunaan Katalog Elektronik guna mengoptimalkan pengadaan barang/jasa pemerintah berbasis elektronik. Sistem pengadaan Barang/Jasa secara elektronik kepdepannya dapat  membantu seluruh stakeholder dalam memantau informasi pengadaan secara real time, transparan dan akuntabel.

Kepala LKPP merekomendasikan kepada Pemda untuk menggunakan Katalog Elektronik guna mempercepat penyerapan anggaran. “Pemerintah Daerah dapat memasukan komoditi atau produk yang terdapat di daerah untuk bergabung kedalam E-Katalog Lokal. Selanjutnya Pemda dapat langsung memilih penyedia dan produk yang diingikan sesuai dengan kebutuhan di daerahnya.”  Ungkap Anas saat menyampaikan paparannya dalam Acara Rapat Koordinasi Mewujudkan DPSP Toba sebagai Destinasi Berkualitas  dan Aksi Afirmasi PDN Dalam Rangka Gernas BBI,  Jumat (22/7/2022).

Baca juga : Kepala LKPP: Keterbukaan Informasi Publik Bantu Masyarakat Awasi PBJP

Anas juga menyampaikan saat ini Presiden dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi selalu memonitoring realisasi anggaran seluruh K/L/PD melalui sistem elektronik setiap bulannya. Di samping itu ia menambahkan saat ini Katalog Elektronik Lokal dikelola langsung oleh Pemda sehingga penyedia yang ingin menayangkan produknya dalam Katalog Elektronik Lokal tidak perlu mengurus pendaftaranya ke Jakarta.

"Para Bupati dan Gubernur bisa mendorong pengusaha lokal tidak harus datang ke Jakarta. Inilah saatnya pengusaha lokal menjadi tuan rumah di tempat Bapak sendiri lewat E-Katalog Lokal." Terang Kepala LKPP dengan antusias.

Baca juga : Terbitkan SE Nomor 8 Tahun 2023, LKPP Tegaskan Aturan Implementasi Peningkatan Penggunaan PDN dalam PBJP

Namun Kepala LKPP menyayangkan dengan kurangnya respon dari beberapa Pemda dalam penyelenggaraan Katalog Elektronik Lokal.

Berdasarkan data yang dimiliki LKPP setidaknya ada 12.4% Pemda yang masuk kategori sangat lambat.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala LKPP menginformasikan saat ini progres Katalog Lokal di wilayah Kalimantan Selatan masih sangat rendah. Data yang berhasil dihimpun LKPP, jumlah penyedia yang bergabung di Katalog Elektronik Lokal berjumlah  25 penyedia dengan total penayangan produk sebanyak 129 produk dengan total transaksi 139,4 Juta Rupiah.

Baca juga : Kepala LKPP: Kinerja PBJ Tahun Anggaran 2023 Catatkan Tren Positif

Berdasarkan hal tersebut Kepala LKPP merekomendasikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan untuk dapat berkonsultasi dan berkoordinasi secara intens dengan LKPP dalam proses menigkatkan pengelolaan Katalog Lokal. Kepala LKPP pun menyampaikan komitmennya untuk siap membantu Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka percepatan pengelolaan Katalog Lokal di Kalimantan Selatan.

Kepala LKPP juga menyampaikan pesannya kepada Pemda yang masih memiliki kendala dalam membuat etalase produk, dapat mengadaptasi pembuatan etalase produk kepada Pemda yang telah berhasil menayangkan dan membuat etalase produk dalam Katalog Elektronik Lokal.
Kepala LKPP berharap dengan dilakukannya hal di atas, kedepannya Kalimantan Selatan dapat melampaui target yang telah amanatkan oleh Presiden dan dapat menjadi proyek percontohan untuk seluruh provinsi di Kalimantan. (Lka)

 

Artikel Terkait
Kepala LKPP: Keterbukaan Informasi Publik Bantu Masyarakat Awasi PBJP
Terbitkan SE Nomor 8 Tahun 2023, LKPP Tegaskan Aturan Implementasi Peningkatan Penggunaan PDN dalam PBJP
Kepala LKPP: Kinerja PBJ Tahun Anggaran 2023 Catatkan Tren Positif
Artikel Terkini
Menteri Harus Mampu Membaca Tanda-tanda Zaman untuk Menggerakan Semangat Indonesia
MRP Desak Presiden Jokowi Pastikan Cakada 2024 Se-Tanah Papua Diisi Orang Asli Papua (OAP)
Wawancara Khusus Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Tentang BLBI
Efferty Susu Kambing Malaysia, Solusi bagi Pasutri yang ingin Keturunan
Didik J Rachbini: Gagasan Menyatukan Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Baik dan Berani
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas