INDONEWS.ID

  • Senin, 05/09/2022 18:26 WIB
  • NASPCI Selenggarakan Seminar Keantariksaan

  • Oleh :
    • luska
NASPCI Selenggarakan Seminar Keantariksaan

Jakarta, INDONEWS.ID - National Air & Space Power Indonesia (NASPCI) telah menyelenggarakan Seminar Keantariksaan yang berjudul: Pemanfaatan  Ruang Angkasa Dalam Rangka Keamanan Nasional, yang dilaksanakan di Gedung Ardhya Loka, Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam seminar tersebut dipaparkan kaitannya pemanfaatan ruang untuk kepentingan nasional keamanan, khusus nya TNI Angkatan Udara  di masa depan memprioritaskan kontribusi dalam penguasaan pengetahuan strategis tentang pemanfaatan ruang udara dan  bagaimana menjamin  keamanan dalam keberlanjutan  di konteks kepentingan nasional, yang sesuai dengan tugas pokok TNI AU untuk mengamankan kedirgantaraan nasional khususnya yang meliputi ruang udara dan luar angkasa. 

Baca juga : Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78

Seminar dalam 3 sesi yang membahas beberapa aspek yaitu: pemahaman di wawasan global tentang bagaimana pemanfaatan ruang telah dilakukan selama ini dan misi seperti apa yang akan dijalankan menyangkut keamanan nasional; diskusi  tentang ancaman dan peluang dari luar angkasa akan dilihat dari beberapa perspektif; dan pembahasan mengenai implementasi penggunaan ruang yang  dapat dijalankan di Indonesia, mulai dari regulasi, ide dan pengembangan dengan pemanfaatn teknologi yang mutakhir.
    
Seminar dihadiri oleh Ketua Umum NASPCI, MARSMA TNI Penny Radjendra, ST., MSc., MSc., Ketua  Umum NASPCI; ASPOTDIRGA: MARSDA TNI Bowo Budiarto, CHRMP; KASAU MARSEKAL TNI Fadjar Prasetyo, SE., MPP., CSFA: dan MARSEKAL TNI (PURN) Chappy Hakim (Chairman dari Pusat Studi Air Power Indonesia). 
 FIRST SESSION mengambli tema “ THE USE OF SPACE – AN OVERVIEW”, yang dimoderatori oleh Currie Maharani, Ph.D.  Pembicaranya adalah BrigJend Jesse More House, US Space Command (TBC) dengan topik “The Use of Space for Global Security. Pembicara ke dua adalah Prof. Drs. Anak Agung Banyu Perwita, MA., Ph.D dengan toipik: The Geopolitics of the Use of Space

SECOND SESSION mengambil tema: THREATS AND OPPORTUNITIES IN THE USE OF SPACE;  yang dimoderatori oleh Kol. Tek. Jon K. Ginting MMgtStud, qtc, CPPM, MAIPM. Para pembicaranya a.l: Dr. Edi Sofyan, B.Eng., M.Eng (Binus University) dengan topik: The Threats from Space; diikuti oleh Dr. Robertus Heru Triharjanto, B.Sc. M.Sc (BRIN) dengan topik : “The Economy of Space”.  Pembicara dari Airbus (TBC)
Dengan Threats & Opportunities from Industry point of view, dibatalksn. 
 
 THIRD SESSION mengambil tema: THE IMPLEMENTATION OF THE USE OF SPACE IN INDONESIA yang dimoderatori: Kol. (Purn) Dr. Supri Abu, SH., MH. Pembicaranya adalah sebagai berikut: Prof. Dr. Ida Bagus Rahmadi Supancana, SH., MH (DOSEN HUKUM UNIVERSITAS KATOLIK ATMA JAYA) dengan tema Laws and Policy in Supporting the Utilization of Space for Security and Defence. Pembicara berikutnya adalah  MARSMA TNI Asril Samani, Sip. Msi, Kadissurpotrud AU, dengan topik  “The Plan of Air Force Geospatial”. 

Baca juga : TNI AU Beberkan Kronologi Jatuhnya Pesawat Tempur Super Tucano

Seminar ditutup dengan pemaparan dari panitia Indodefense

Baca juga : Diisi 4 Awak, Kadispen TNI Benarkan Dua Pesawat Super Tucano Jatuh di Pasuruan Jatim
Artikel Terkait
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
TNI AU Beberkan Kronologi Jatuhnya Pesawat Tempur Super Tucano
Diisi 4 Awak, Kadispen TNI Benarkan Dua Pesawat Super Tucano Jatuh di Pasuruan Jatim
Artikel Terkini
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Puspen Kemendagri Berharap Masyarakat Luas Paham Moderasi Beragama
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas