INDONEWS.ID

  • Kamis, 04/05/2023 20:39 WIB
  • Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Dalam Negeri Apresiasi Pj Bupati Maybrat Terselenggarakan Pendidikan Numerisasi Metode Gasing

  • Oleh :
    • luska
Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Dalam Negeri Apresiasi Pj Bupati Maybrat Terselenggarakan Pendidikan Numerisasi Metode Gasing

Papua, INDONEWS.ID - Pada hari Kamis tanggal 4/5/2023 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meneyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Percepatan Capaian Pendidikan Numerasi Sekolah Dasar di Daerah  secara hybrid dan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Dalam kegiatan ini turut hadir Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Direktur Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani, Penemu Metode Gasing Yohanes Surya dengan peserta  Sosisalisasi Penjabat Kepala Daerah dari Seluruh Indonesia.
Dalam kesempatan ini Tito Karnavian mengatakan, kebijakan percepatan capaian pendidikan numerasi sekolah dasar merupakan Langkah untuk memperkuat pendidikan khususnya pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Baca juga : Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat

Dalam hal ini Kemendagri telah mengeluarkan  Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 400.1.7/2097/SJ tanggal 6 April 2023 tentang Percepatan Capaian Pendidikan Numerasi Sekolah Dasar di Daerah yang pada SE tersebut berisikan agar bupati/wali kota memerintahkan perangkat daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan percepatan capaian target numerasi sekolah dasar menggunakan metode pembelajaran yang bersifat gampang, asyik, menyenangkan, efektif, dan efisien (GASING).

Selanjutnya dalam kesempatan ini Prof.Yohanes Surya menyampaikan  Metode Gasing tidak hanya melatih kemampuan pada matematika, namun juga kepmampuan pada creativity, collaboration, compassion, culture, character, computation, communication, dan critical thinking (8C). Serta para murid juga mengalami peningkatan kecerdasan inter-personal, intra-personal, linguistik, musik, kinestetik, hingga natural.

Baca juga : Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73

Kemudian Tito memberikan kesempatan kepada Pj Bupati Maybrat, Bernhard E Rondonuwu untuk menyampaikan bagaimana Pendidikan Numerisasi Melalui Metode Gasing di Kabupaten Maybrat.

Dalam kesempatan ini Bernhard menyampaikan kesan yang sangat luar biasa terhadap metode gasing dalam Pendidikan numerisasi pada siswa dan guru di Maybrat, dimana dari 124 peserta yang terdiri dari 90 orang siswa dan 34 orang guru sangat bersemangat mengikuti setiap tahapan kegiatan.
“Sebelum adanya metode gasing masih ada dari peserta murid yang belum bisa berhitung, namun hasil pantauan saya sendiri anak tersebut pada hari kelima pelatihan sudah mampu hingga perkalian, ini merupakan hal yang luar biasa, dimana metode gasing ternyata sangat efektif diterapkan dalam dunia Pendidikan” ujar Bernhard.

Baca juga : Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Engelbertus Turot: Pemda Maybrat Cari Solusi Atasi Semua Hak ASN

Selain peningkatan pada kemampuan numerisasi, tingkat kedisplinan juga semakin baik dari para murid maupun guru yang mengikuti pelatihan dan juga ada peserta guru dan murid yang meminta kepada saya untuk pelatihan metode gasing diperpanjang, mereka sangat senang karena biasanya merkea hanya mampu belajar sampai jam 11 siang naumn pada saat pelatihan metode gasing merkea mampu mengikuti dengan penuh semangat hingga malam hari, tambah Bernhard.

Selepas menyampaikan kesannya, Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada Bernhard karena mengingat daerah dan kondisi Kabupaten Maybrat saat ini namun masih tetap mau dan mampu menyelenggarakan Pendidikan numerisasi melalui metode gasing. Selain itu Luhut Panjaitan juga terkesima dengan penyampaian dari Bernhard dimana adanya peningkatan dari semangat belajar anak-anak di Maybrat.

Artikel Terkait
Engelbertus Turot Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Bantu Percepat Proses Akreditasi Puskesmas di Maybrat
Kabupaten Maybrat Rayakan HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 73
Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Engelbertus Turot: Pemda Maybrat Cari Solusi Atasi Semua Hak ASN
Artikel Terkini
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Puspen Kemendagri Berharap Masyarakat Luas Paham Moderasi Beragama
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas