Nasional

Survei: Kepuasan Publik pada Kinerja Jokowi Sebesar 68 Persen

Oleh : very - Minggu, 26/11/2017 21:02 WIB

Presiden Jokowi ikut menyaksikan Festival Musik Synchronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Sabtu (7/10/2017) malam. (Foto: Antara)

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mencapai 67,9 persen. Sementara tingkat kepercayaan publik untuk keduanya mencapai 70,5 persen.

"Tingkat kepuasan itu dihasilkan dari menjumlahkan responden yang menjawab puas dan sangat puas," kata Hanta saat peluncuran survei terbaru, di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2017).

Menurut Hanta, survei juga mengungkap tingkat kepuasan publik terhadap kinerja personal Jokowi yang mencapai 68 persen. Sedangkan tingkat kepuasan terhadap Jusuf Kalla sebesar 64,8 persen. "Artinya kinerja keduanya tidak jauh berbeda, dan di mata publik cukup baik dengan angka di atas 50 persen," kata Hanta.

Survei juga mengungkap kepuasan publik di beberapa bidang. Tingkat kepuasan paling tinggi ada pada bidang pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan terjangkau, dan pendidikan yang terjangkau.

Pada pembangunan insfrastruktur publik menilai positif dengan nilai 69 persen, pelayanan kesehatan terjangkau sebesar 65 persen, dan pendidikan terjangkau sebesar 62 persen.

Survei Poltracking Indonesia dilakukan pada 8-15 November 2017 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden adalah 2.400 orang, dengan margin of error kurang-lebih 2 persen. Survei ini menjangkau seluruh provinsi di Indonesia yang diambil secara proporsional. (Very)

 

Artikel Terkait