Nasional

Bawaslu Akan Umumkan 3 Provinsi yang Miliki Indeks Kerawanan Pilkada Tinggi

Oleh : hendro - Senin, 27/11/2017 19:34 WIB

ilustrasi pilkada serentak 2018 (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID- Untuk mengetahui seberapa besar kerawanan saat menyelenggarakan Pilkada serentak pada 2018 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) direncanakan akan mengumumkan indeks kerawanan Pilkada (IKP) pada Selasa (28/11/2017) besok.

Menurut anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Fritz Edward Siregar, pihaknya akan mengumumkan tiga provinsi mana saja yang IKPnya tinggi.

"IKP akan kami umumkan besok pagi. Jadi akan ketahuan tiga provinsi mana saja yang IKP-nya tinggi," ujar Fritz kepada wartawan di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Namun demikian, Fritz enggan  menyebutkan secara spesifik tiga provinsi yang dimaksud.  Karena IKP, kata Fritz, merupakan bentuk pemetaan antisipasi potensi konflik dalam Pilkada 2018 mendatang.

"Tugas kita untuk tahu posisi mana yang harus dilakukan pendekatan ataupun bagian mana dari proses tahapan pencalonan, kampanye, yang perlu diberikan perhatian khusus oleh masyarakat. IKP berfungsi sebagai early warning bagi penyelenggara, pengawas, serta pemerintah untuk tahu kira-kira bagian mana yang perlu menjadi fokus di dalam proses pencegahan dan pengawasan pada pilkada," jelas Fritz.

Lebih lanjut Fritz menambahkan, IKP disusun berdasarkan sejumlah indikasi, seperti kontestasi, peserta pilkada dan penyelenggara. (hdr)

 

Artikel Terkait