Daerah

PVMBG: Aliran Lava ke Permukaan Gunung Agung Masih Berlangsung

Oleh : very - Jum'at, 08/12/2017 10:28 WIB

Visual Gunung Agung dari CCTV Pos Batulompeh, 8 Desember 2017 pukul 04:09 WITA. (Foto: Ist)

Denpasar, INDONEWS.ID - Cuaca di sekitar Gunung Agung, Bali pagi ini, Jumat (8/12/2017) dilaporkan dalam keadaan berawan. Status Gunung Agung juga masih tetap dalam level empat alias Awas.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan bahwa visual gunung yang dipantau dari Pos PGA Batulompeh (utara) dalam kondisi tertutup kabut. Demikian juga visual gunung dari  POS PGA Rendang (selatan)  teramati tertutup kabut.

Kolom dan tinggi asap berada dalam ketinggian 500-1000 meter di atas kawah puncak. Teramat juga ada sinar api dari CCTV Pos Rendang.

“Secara visual mengindikasikan bahwa aktivitas magmatik Gunung Agung masih tinggi,” demikian siaran pers PVMBG.

Dari segi seismik, terekam tremor menerus dengan amplitudo 1 - 2 mm, dominan 1 mm. Dilaporkan, terekam 4 kali gempa Low-frequency dengan amplitudo: 10-25 mm. Sementara 4 kali gempa hembusan dengan amplitudo: 4-22 mm

“Secara kegempaan, aktivitas Gunung Agung masih tinggi dimana aliran fluida magmatik ke permukaan masih terus berlangsung”.

Berdasarkan analisis data secara keseluruhan disimpulkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Agung masih tinggi. Erupsi efusif berupa aliran lava ke permukaan kawah masih berlangsung dan masih berpotensi untuk terjadinya erupsi eksplosif (erupsi dengan kolom abu vertikal disertai lontaran batu/lava pijar). (Very)

 

Artikel Terkait