Nasional

KASAL Saksikan Penandatanganan Kontrak Kerja Senilai Rp. 813 milyar

Oleh : luska - Jum'at, 12/01/2018 14:08 WIB

Kasal Saksikan Penandatanganan Kontrak Dengan Penyedia Barang Dan Jasa.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - TNI Angkatan Laut melaksanakan Penandatanganan Kontrak Kolektif (PKK) pengadaan barang dan jasa TA 2018 yang disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Jumat (12/1/2018).

Kegiatan ini diselenggarakan ketiga kalinya oleh TNI Angkatan Laut, guna menindaklanjuti instruksi dari presiden dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi dan percepatan pelaksanaan anggaran pada tahun anggaran 2018. Sehingga dengan ditandatanganinya kontrak pada awal tahun maka pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan TNl Angkatan Laut dapat segera dimulai.

Penandatanganan kontrak secara kolektif antara para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Satker TNI Angkatan Laut dengan para mitra penyedia barang dan jasa terdiri dari 173 kontrak dengan total nilai Rp. 813 milyar.

Dijelaskan Kasal, semua proses pengadaan barang dan jasa ini telah memenuhi kriteria dan prosedur pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah, juga proses pengawasan dan evaluasi terus-menerus dilakukan TNI AL agar pemakaian anggaran itu benar-benar bisa dipertanggungjawabkan.

“Dengan kegiatan bisa dilaksanakan secara dini pada awal tahun maka bisa mempercepat daya serap anggaran TNI AL dan menghindari aktivitas lintas tahun. Dengan begitu, kami harapkan bisa memberikan kontribusi nyata bagi perbaikan ekonomi di Indonesia secara umum dan pembangunan kekuatan pertahanan TNI AL secara khusus,” jelas Ade Supandi.

Dibandingkan tahun anggaran 2017, jumlah dan nilai kontrak yang ditandatangani pada 2018 ebih sedikit, hal tersebut dikarenakan pada 2017 itu banyak kontrak pengadaan barang dan jasa yang bersifat tahun jamak.

Kegiatan yang diselenggarakan kedua kalinya oleh TNI Angkatan Laut ini, merupakan tindak lanjut dan wujud nyata dari langkah-langkah peningkatan kinerja TNI Angkatan Laut.

Penandatanganan dilaksanakan secara serempak oleh satker-satker kotama kotama TNI AL, yang bertempat di Auditoriim Denma Mabesal Cilangkap, diantaranya Pushidrosal, Seskoal, Disbekal, Disfaglanal, Dismatal, Diskesal, Dissenlekal, Diskomlekal, Dispenal, Dislaikmatal dan Kormar.

Usai penandatanganan kontrak, Kasal langsung menngelar melaksanakan Video Conference dengan kotama-kotama TNI AL yang dilaksanakan di beberapa Kotama yakni di Gedung Yos Sudarso terdiri dari Koarmabar, Kolinlamil dan Lantamal III.(Lka)

Artikel Terkait