Nasional

BMKG Keluarkan Perigatan Diri Untuk Wilayah Selat Sunda dan Laut Jawa

Oleh : hendro - Rabu, 24/01/2018 10:34 WIB

ilustrasi gelombang tinggi (istimewa)

Serang, INDONEWS.ID- Berhati-hatilah bagi anda yang ingin berpergian dengan kapal laut, karna baru-baru ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Serang mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang melanda wilayah Selat Sunda dan Laut Jawa.

Menurut Petugas BMKG Serang, Tian, Untuk Selat Sunda wilayah Selatan, ketinggian mencapai 2,5-4 meter.BLalu di Laut Jawa bagian Selatan ketinggian antara 1,25-2 meter. Sedangkan di Selat Sunda bagian Utara, ketinggian gelombang masih terbilang normal, antara 0,25-1 meter.

"Untuk gelombang tinggi di Selat Sunda bagian Selatan, kalau untuk (Selat Sunda) bagian Utara aman," kata Trian di Serang, Rabu (24/1/2018).

Karena itu, Trian menegaskan, untuk arus penyeberangan di Pelabuhan Merak dipastikan tak mengalami gangguan. Karena posisinya berada di Selat Sunda bagian Utara.

Trian menjelaskan, salah satu penyebab terjadinya gelombang tinggi dikarenakan kuatnya hembusan angin, yang saat ini sedang musim angin barat dan juga dikarenakan perbedaan tekanan udara di lautan.

Lebih lanjut Trian mengimbau, agar masyarakat yang beraktifitas di wilayah perairan Selatan Banten, untuk berhati-hati. Terutama nelayan yang akan melaut.

 

Artikel Terkait