Ada Pancasila dalam TMMD di Desa Kusambi

Oleh : luska - Minggu, 15/04/2018 11:25 WIB

TMMD 101 di Desa Kusambi.(Ist)

Laworo, INDONEWS.ID - Pepatah mengatakan `Tak Kenal Maka Tak Sayang` itulah yang kini dirasakan oleh warga masyarakat Desa Kusambi Kecamatan Kusambi setelah berpuluh puluh tahun hanya mendengar sekilas tentang TNI.

Semula masyarakat Desa Kusambi berpandangan bahwa TNI mempunyai citra negatif, namun setelah Tim Satgas TMMD 101 datang ke desa tersebut maka penilaian negatif terhadap TNI terlebur, dan kini mereka justru berbalik berkata oh ternyata kami telah salah menilai prajurit TNI.

Bahkan kedatangan Tim Satgas TMMD ke 101 ke Desa Kusambi Kecamatan Kusambi juga memberikan suatu pembelajaran sekaligus menginspirasi terjalinnya rasa kebersamaan, gotong royong dan rasa persaudaraan, seperti yang tertuang dalam tiga dari lima dasar negara Indonesia yaitu Pancasila yakni pada sila kedua yang berlambang Rantai Bulat dan Persegi dan berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab yang memiliki makna terdiri dari rantai bulat (melambangkan perempuan) dan rantai persegi (melambangkan laki laki) melambangkan bahwa setiap rakyat baik perempuan dan laki laki harus bersatu padu untuk agar bisa menjadi kuat seperti rantai.

Dan sila berikutnya yaitu Sila Ketiga Lambang Pohon Beringin yang berbunyi Persatuan Indonesia, diamanaPohon beringin merupakan pohon yang besar memiliki ranting luas yang dapat menjadi tempat berteduh yang menyejukkan dan akar yang sangat kuat dan menjalar di mana mana, mengartikan walaupun Indonesia mempunyai keanekaragaman suku dan budaya namun bangsa indonesia harus tetap bersatu.

Sedangkan pada Sila Keempat Lambang Kepala Banteng yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, artinya kita harus rajin bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dan dalam mengambil keputusan.

Tiga dari lima isi Pancasila itulah yang telah menginspirasi warga Desa Kusambi yang telah dipancarkan oleh Tim Satgas TMMD kepada warga Kusambi.

Terjalinnya semangat kebersamaan dalam gotong rorong pembangunan perbaikan sarana dan prasarana di Desa Kusambi dalam TMMD ke 101 telah terwujud selain itu berkat program TMMD ini pemikiran negatifpun telah tersapu bersih dari pemikiran warga.

"Meskipun baru beberapa hari saya berinteraksi dengan bapak-bapak TNI, tetapi saya sudah seperti sudah mengenalnya bertahun-tahun," kata La Budi warga Kecamatan Kusambi Muna Barat kepada penrem 143, Sabtu (13/4/2018).

Diakui La Budi keramahan dan keluwesan pergaulan Prajurit TNI juga telah menghapus semua citra negatif yang selama ini dialamatkan kepada TNI.

"Selama ini kita selalu dicekoki dengan informasi yang selalu menyudutkan prajurit TNI, tetapi kenyataannya mereka adalah pribadi-pribadi yang santun dan baik hati," ucap La Budi lagi.

Menurutnya lagi, karena keramahan dan kesantunan para prajurit itupula yang membuat dirinya dan teman-temannya untuk selalu hadir membantu personel Satgas TMMD ke 101 untuk membenahi sarana rekreasi Tugu Pesawat di desanya.

"Kalau saya tidak ada kegiatan lain, saya pastikan untuk hadir di sini guna membantu bapak-bapak anggota TNI," imbuhnya.

Ditambahkan La Budi bahwa kehadiran dirinya bersama warga lainnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan TMMD ke 101 Muna Barat adalah panggilan hati nurani sehingga tidak menuntut bayaran sepeser pun.

"Ini murni panggilan nurani karena mereka (Personel Satgas red) sudah mau membantu membangun desa kami, apalagi kami sebagai warga di sini," jelasnya.

La Budi berharap kegiatan prajurit TNI bersama Rakyat terus ditingkatkan sehingga Kemanunggalan TNI-Rakyat benar-benar terwujud.

"Saya berharap kegiatan yang melibatkan TNI dan Rakyat seperti ini terus ditingkatkan karena kami merasakan bahwa TNI itu ada untuk rakyat," pungkasnya.

Untuk diketahui Desa Kusambi merupakan salah satu sasaran tugas Satgas TMMD ke 101 Muna Barat, yaitu melakukan pembenahan terhadap sarana rekreasi Tugu Pesawat.

Alhasil kebersamaan Prajurit TNI dan warga selalu terlihat setiap hari saat warga baik wanita maupun pria secara sukarela datang membantu Prajurit TNI untuk menyelesaikan target sasarannya di desa tersebut.(Lka)

Artikel Terkait