Daerah

TMMD 101 Muna Gelar Penyuluhan HIV AIDS

Oleh : luska - Kamis, 19/04/2018 09:15 WIB

Posko Satgas TMMD 101 menggelar kegiatan Penyuluhan Narkoba dan HIV AIDS .(Ist)

Muna Barat, INDONEWS.ID -– Sesuai dengan jadwal program kegiatan TMMD 101 Muna Barat Kodim 1416/Muna berbagai kegiatan sasaran non fisik digelar.

Seperti pada Rabu (18/4/2018) Posko Satgas TMMD 101 menggelar kegiatan Penyuluhan Narkoba dan HIV AIDS kepada masyarakat Sawerigadi di Balai desa Sawerigadi, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat.

Penyuluhan Narkoba dan HIV AIDS menghadirkan tiga pembicarai dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Robert, S.Km, Muh. Sahban, S.Sos dan Muh. Hatta, S.Km.

Pasiter Kodim 1416/Muna Lettu Inf Hamlin saat membuka kegiatan mengatakan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada masyrakat Sawerigadi tentang Narkoba dan Hiv AIDS.

“Pengetahuan akan narkoba dan hiv aids sangatlah penting untuk kita ketahui, karena dijaman modern hal – hal inilah yang merusak generasi penerus bangsa sebagai masyarakat yang hidup dijaman ini tentulah wajib kita mengetahuinya untuk menjaga dan mencegah peredaran serta penyebarannya,” kata Pasiter

Dalam kesempatan yang sama Robert, S.Km. Staf BNN bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat memberikan beberapa penjelasan mengenai Bahaya Narkoba dan Pencegahan HIV Aids.

“Darurat narkoba sudah dicanangkan pemerintah dengan demikian penyebaran narkoba di Indonesia sudah memasuki tahap memprihatinkan, hal ini perlu kita waspadai demi menjaga dan menyelamatkan bangsa yang kita cintai ini, begitu pula dengan penyebaran Virus HIV Aids ” papar Robert.

Dilanjutkannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan perlu diterapkan untuk mencegah peredaran narkoba serta penyebaran virus HIV AIDS, antara lain :

HIV AIDS dapat tertular melalui :
1. Melalui sperma pria
2.Melalui cairan vagina wanita
3. Melalui cairan darah
4.air susu bagi ibu penderita Aids/Hiv serta IMS,

1. Cara pencegahan peredaran Narkoba,
a. Pendekatan melalui keluarga.
b. Memberikan Pemahaman
C. Memberikan Sanksi kepada pengguna maupun pengedar.

2. Cara menghindari HIV Aids,
1. Hindari tranfusi dara dari penderita HIV, Hindari Penggunaan jarum suntik bekas, Pisau/Silet
2. Ibu penderita HIV jangan menyusui.
3. Jangan ganti ganti pasangan dalam hubungan Seks.

Pantauan penrem 143 kegiatan ini dihadiri oleh Kades Sawerigadi La Ode Faada dan diikuti oleh 61 orang warga Sawerigadi. (Lka)

Artikel Terkait