Daerah

TMMD ke 101 Kodim 1416/Muna Berikan Wawasan Soal Bela Negara

Oleh : luska - Jum'at, 20/04/2018 10:39 WIB

Saat membrikan penyulusan wawasan soal bela negara.(Ist)

Muna Barat, INDONEWS.ID – Disela-sela pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 1416/Muna, Satuan tugas (Satgas) TMMD melaksanakan penyuluhan Bela Negara di Aula Balai Desa Sukadamai, Kecamatan Laworo, Kabupaten Muna Barat, Kamis (19/4)/2018. Penyuluhan bela negara ini adalah bagian dari program TMMD melalui sasaran non fisik.

Plt. Kasdim 1416/Muna Mayor Inf Prasetya selaku pembawa materi memberikan beberapa pemaparan terperinci tentang wawasan kebangsaan. Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Indonesia Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama serta rakyat sebagai kekuatan pendukung.

“Setiap warga negara, berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara, sesuai dengan kondisi sekarang ini masyarakat harus cerdas dalam menyikapi perkembangan situasi sekarang ini,” tegas Mayor Prasetya.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Dimana Tugas pokok TNI melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang, untuk kegiatan TMMD ini merupakan salah satu contoh operasi selain perang”, jelas Plt Kasdim.

Pantauan penrem 143 hadir dalam kegiatan ini Pasiter Kodim 1416/Muna Lettu Inf Hamlin, Kepala Desa Suka Damai I Ketutyasa, Ketua LPM, Tokoh Masrakat, Tokoh Agama dan 60 orang masyarakat Suka Damai. (Lka)

Artikel Terkait