Pojok Istana

Sudah Ada Calon, Jokowi Siap Umumkan Cawapresnya

Oleh : budisanten - Sabtu, 07/07/2018 20:25 WIB

Presiden Joko Widodo ketika memberi penjelasan kepada wartawan mengenai pengumuman Cawapresnya pada Pilpres 2019 pada penutupan Rembuk Nasional Aktivis 98 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu. (foto:tribunnews)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mengantongi nama Calon Wakil Presiden  (Cawapres) untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Namun, dia masih merahasiakan siapa nama cawapres dimaksud dan segera akan mengumumkan ke publik pada waktu yang tepat.

Jokowi hanya meminta semua pihak bersabar untuk mengetahui siapa nama cawapres itu.

"Sudah ada, tinggal diumumkan. Tunggu, ini kan tinggal beberapa hari, masa enggak sabar," kata Jokowi usai menghadiri acara penutupan Rembuk Nasional (Remnas) Aktivis 98, JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu, (7/7/2018).

Sebelumnya, beberapa partai koalisi pendukung Jokowi sudah menyodorkan nama kadernya untuk disandingkan bersama Jokowi dalam Pilpres 2019. Partai Golkar mengusulkan Airlangga Hartarto, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Selain itu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusulkan Romahurmuziy. Sementara, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Partai NasDem dan Partai Hanura belum ikut mengusulkan nama cawapres.

Sementara itu, Direktur Polcomm Institute, Heri Budianto mengatakan, langkah paling aman bagi Jokowi dalam memilih cawapresnya dari kalangan luar partai.

Pilihan ini perlu diambil untuk menghindari terjadinya kecemburuan jika Jokowi memilih salah satu kader dari internal partai koalisi. (ato)

Artikel Terkait