Rizal Ramli: Bisa Terjadi Perubahaan yang Lebih Cepat Sebelum 2019

Oleh : hendro - Kamis, 12/07/2018 02:02 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Ekonom Senior Rizal Ramli mengaku khawatir akan terjadi perubahan kekuasaan yang lebih cepat di Indonesia sebelum pemilu 2019.

"Kami khawatir jangan-jangan bisa terjadi perubahaan sesuatu yang lebih cepat sebelum tahun 2019 dari perubahan yang terjadi tahun 1998," kata Rizal di acara Dialog Sekber Indonesia, Rupiah Rontok, Harga Meroket, Arahnya ke Mana?, di Jakarta, Rabu (11/7/2018) malam.

 Menurut Rizal, kondisi sekarang terdapat kesamaan gejala krisis yang terjadi pada 20 tahun lalu. Perubahan kekuasaan yang terjadi pada akhir era Orde Baru itu dipicu oleh krisis kepercayaan, ekonomi, pangan, dan moneter pada saat bersamaan.

Gejala krisis itu sudah terlihat saat ini dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang mencapai Rp14.250 dan beberapa gejala krisis ekonomi lainnya.

"Karena adanya kekhawatiran, sekarang ekonomi sudah lampu setengah merah. Kalau tidak hati-hati ini bisa jadi krisis kembali. Jangan sampai kita jatuh ke lubang yang sama," tambah Rizal.

Selain itu, Rizal juga mengingatkan, jika Indonesia terjadi krisis, maka hindari bantuan dari IMF. Belajar dari kejadian krisis ekonomi 1998, Indonesia terjerat utang dengan IMF yang sulit untuk dilepaskan.

Kekhawatiran Rizal soal IMF bukan tanpa alasan. Dia melihat beberapa negara yang mengikuti saran IMF malah terperosok makin dalam.(hdr)

Artikel Terkait