Ragam

Bocah Viral Dari Atambua Diundang Ke Pembukaan Asian Games

Oleh : budisanten - Sabtu, 18/08/2018 19:31 WIB

Aksi Heroik Johannes mendapat apresiasi banyak pihak. Selain mendapatkan beasiswa pendidikan, dirinya juga mendapat untuk menyaksikan langsung pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta. (foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Viralnya video seorang bocah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Atambua yang memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang putus, saat berlangsungnya upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 73, mendapat perhatian dari semua pihak.

Tidak hanya masyarakat umum, tapi juga dari beberapa kalangan lainnya tak terkecualinya seperti TNI. 

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, memberikan penghargaan dan bimbingan kepada bocah SMP ini yang diketahui bernama lengkap Johannes Gama Marschal Lau, yang memiliki cita-cita sebagai prajurit TNI.

“Aksi yang dilakukan Johannes mendapatkan apresiasi dari Panglima TNI, Panglima kepada yang bersangkutan dan kita juga akan membimbingnya agar dapat meraih cita-citanya menjadi prajurit TNI, “ ungkap Komandan Korem (Danrem) 161 / Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, Sabtu (18/08) saat dialog bersama Radio Republik Indonesia (RRI).

Diungkapkannya, aksi yang dilakukan Johannes merupakan bentuk kecintaannya kepada merah putih dan Republik Indonesia.

"Saya menilai aksi yang dilakukan Johannes merupakan bentuk kecintaannya  kepada merah putih dan Negara. Padahal pada saat ia memanjat tiang bendera dalam kondisi tidak enak badan dan sedang berada di mobil medis, tapi ketika dengar pengumunan siapa yang bias memperbaiki tali bendera yang putus, yang bersangkutan langsung lari dan memanjat tiang, karena beliau ingin bendera merah putih tetap berkibar di HUT kemerdekaan," jelas.

Ditambahkan, selain mendapatkan penghargaan dari Panglima TNI, Johannes Adekalla juga mendapatkan beasiswa pendidikan sampai strata satu (S1) dari PLN, dan dia juga diundang untuk hadir pada malam pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

“Dia juga dapat beasiswa dari PLN sampai S1 dan mendapatkan undangan untuk hadir pada pembukaan Asian Games di Jakarta didampingi Kapolres, Dandim dan orangtuanya, saat ini dia sudah berangkat ke Jakarta," tutupnya.

Sebelumnya, sempat viral di beberapa media sosial satu video yang merekam aksi heroik seorang anak SMP di Atambua saat pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 73 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Motaain, Kab. Belu, NTT. 

Dalam video tersebut terekam seorang anak, dimana dirinya memanjat tiang bendera setinggi 9 meter untuk memasang tali tiang yang putus sebelum pengibaran bendera dilakukan, Jumat (17/8/2018) kemarin. (Ronald)

Artikel Terkait