Nasional

Sepekan Lebih, Ada 105 Kantong Jenazah Korban Lion Air Yang Diterima RS Polri Sukanto

Oleh : Ronald - Senin, 05/11/2018 17:35 WIB

Petugas Basarnas sedang memindahkan barang yang diduga puing dari pesawat Lion Air JT-610 di Pelabuhan Tanjung Priok. (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sepekan lebih penanganan pesawat Lion Air JT-610 jatuh di Perairan Karawang, Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati telah menerima sebanyak 105 kantung jenazah. Keseluruhan kantong jenazah ini diterima dari posko pusat Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Dari data yang dikirimkan ke kita sampai kemarin malam tambah 32 kantong sehingga semuanya ada 105 kantong jenazah,” kata Wakil Kepala Rumah Sakit Polri Kramat Jati Kombes Haryanto di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, saat dikonfirmasi, Senin (5/11/2018).

Dia menyebut, berdasarkan hasil identifikasi sudah ada tujuh korban yang dapat teridentifikasi dan sudah diserahkan kepada keluarga.

Tujuh jenazah korban pesawat Lion Air jatuh yang teridentifikasi yaitu Jannatun Cintya Dewi (24), Candra Kirana (29), Munni (41) dan Hizkia Jorry Saroinsong (23). Tiga selanjutnya yakni, Endang Sri Bagusnita (20), Wahyu Susilo (31) dan Fauzan Azima (25).

Sementara itu, Kepala Bidang DVI Mabes Polri Kombes Lisda Cancer mengatakan, untuk proses identifikasi korban pesawat Lion Air terdapat dua data primer dan sekunder. Dijelaskannya, untuk data primer menggunakan identifikasi dari sidik jari, gigi dan DNA. Sedangkan data sekunder yaitu dari medis dan properti atau barang yang digunakan korban.

“Pada saat kita lakukan informasi kami akan semakin confident menemukan identitas orang. Kasus ini kebetulan untuk finger print tidak terlalu banyak, gigi juga belum dapatkan,” ucap dia.

Sementara itu, Lisda menyebut air laut tidak memberikan pengaruh signifikan dalam mempengaruhi jaringan DNA. “Tapi tidak terlalu signifikan pengaruhnya, karena kita punya pengalaman Air Asia jenazah tenggelam di air laut bisa dapat DNA nya,” ujarnya. (ronald)

Artikel Terkait