Budaya

Kemendikbud Gelar Wayang Orang Duta Kresno

Oleh : hendro - Sabtu, 17/11/2018 15:05 WIB

Pagelaran wayang orang Duta Kresno

Jakarta, INDONEWS.ID- Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI bersama Yayasan Paramarta Karya Budaya bekerja sama akan melaksanakan pagelaran wayang orang pada Jumat, (16/11/2018) malam di Gedung Kesenian Jakarta.

Pergelaran kali ini rencananya akan mengambil lakon Kresna Duta yang dibawakan dalam bahasa Jawa dan dilengkapi dengan narasi berbahasa Jerman dengan durasi pertunjukan selama 90 menit.

Pentas wayang kali ini dibawakan oleh gabungan pemain wayang orang Jakarta dan Solo. Lakon tersebut akan melibatkan 40 orang pemain, seorang kurator Jerman serta seorang narator yang juga seniman berdarah Indonesia. Keduanya berdomisili di Jerman yang didatangkan ke Indonesia.

Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, dengan adanya kegiatan ini sebagai bukti pihaknya mendukung kesenian klasik yang selama ini sudah mulai dilupakan.

"Dengan adanya pertunjukkan ini, perwakilan dari Kedubes Austria juga ingin bekerjasama untuk lebih banyak lagi menampilkan wayang orang seperti ini," ujarnya.

Karena itu, Hilmar berharap, untuk memupuk dan memperkenalkan lagi pada anak-anak di tingkat sekolah dasar soal kebudayaan seni wayang orang seperti ini dapat melalui berbagai pendekatan, seperti melalui komik  pemawayangan, hingga menggelar pentas seni.(hdr)

Artikel Terkait