Nasional

Setelah 3 Diresmikan, Masih Ada 2 JPO yang akan di Revitalisasi

Oleh : luska - Kamis, 28/02/2019 19:01 WIB

Anies Resmikan 3 JPO. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemprov DKI telah mempunyai tiga Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang telah direvilitasi modern dan Instagramable. Ketiga jembatan kekinian tersebut yaitu terletak di di Gelora Bung Karno, Bundaran Senayan, dan Polda Metro Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho mengatakan, selain tiga JPO itu, masih ada dua lagi yang akan direvitalisasi. Dua jembatan itu berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

“Dua JPO itu sudah rusak berat, strukturnya kami robohkan dan nanti dibuat struktur baru dengan model baru," kata Hari saat menghadiri peresmian ketiga JPO modern di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Menurut Hari, seluruh biaya revitalisasi JPO menggunakan dana koefisien lantai bangunan (KLB) dari PT Permadani Khatulistiwa Nusantara. Untuk tiga jembatan yang hari ini diresmikan, total biaya revitalisasi mencapai Rp 53 miliar.

"Tentunya kalau ada KLB itu lumayan. Fungsinya untuk masyarakat ada tapi tidak membebani dari APBD," kata dia.

Meski begitu, kata Hari, ada juga pembangunan dan revitalisasi JPO yang dibiayai APBD. Tahun ini Dinas Bina Marga DKI berencana membangun tujuh JPO, di antaranya berada di Lenteng Agung dan Bintaro di Jakarta Selatan dan di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Ada juga revitalisasi 10 JPO yang mengalami kerusakan ringan.

Hari memperkirakan pembangunan satu JPO memakan biaya sekitar Rp 11-15 miliar. Untuk revitalisasi ditaksir sekitar Rp 1 miliar. Namun, biaya pembangunan tujuh JPO masih dihitung. (Lka)

Artikel Terkait