Daerah

KPU Ajak Pelajar Jadi Pemilih Kritis

Oleh : Syailendra - Senin, 11/03/2019 20:31 WIB

KPU Goes To School (KGTS) di SMA YP Unila, Bandar Lampung.

Lampung, Indonews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung bersama RRI Bandar Lampung menyelenggarakan kegiatan KPU Goes To School (KGTS) di SMA YP Unila, Bandar Lampung, Senin, (11/03/2019).

Kegiatan dengan tema “Memilih itu Juara, Satu Generasi Milenial Menentukan Nasib Bangsa” mengadirkan narasumber dari KPU Provinsi Lampung, Antoniyus serta Kepala Sekolah YP Unila, Bercach Pitoewas.

Antoniyus mengawali penjelasannya dengan mendefinisikan millenial sebagai kelompok melek teknologi yang lebih banyak menerima informasi baik melalui media sosial maupun blog. Mereka yang juga masih kategori pemilih pemula juga merupakan pemilih yang rasional, mengesampingkan faktor emosional dalam memaknai suatu informasi.

“Pemilih rasional mengedepankan komunikasi aktif dan terbuka, dalam artian mereka bisa menjawab secara terinci kenapa mereka membuat suatu pilihan politis,” kata Antoniyus.

Melihat karakteristik pemilih milenial, Antoniyus pun mengimbau agar mereka jugat tetap berhati-hati saat menerima informasi, khususnya yang bernada provokatif. Dia menyarankan apabila ada diposisi demikian untuk mengecek keasliannya, cermati situs atau akunnya, dan periksa faktanya di situs web yang kredibel. “Gunakan kemajuan teknologi untuk hal yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan,” tutur Antoniyus.

Loading...

Artikel Terkait