Daerah

Pemerintah Salurkan Bantuan Rp 20 Miliar untuk Petani dan Santri Tani

Oleh : Syailendra - Sabtu, 30/03/2019 13:01 WIB

Kuningan, Indonews.id - Guna meningkatkan produksi pangan dan menurunkan angka kemiskinan, Kementerian Pertanian (Kementan) terus menyalurkan bantuan dan program kepada petani dan santri tani milenial.

Bantuan pertanian diberikan langsung kepada Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di Kabupaten Kuningan totalnya mencapai Rp 20 miliar.

Bantuan yang diberikan diantaranya bibit kelapa, kopi, durian, mangga, benih padi, kedelai, jagung manis, kangkung, alat mesin pertanian (traktor, power tresher, hand spryer, pompa air, cultivator), domba, ayam (gratis kandang, pakan dan obat-obatan gratis selama 6 bulan), dan program Kawasan Rumah Pangan Lestari serta Program Santri Tani Milenial.

Selain untuk masyarakat, bantuan ayam pun diberikan khusus untuk pondok pesantren tani milenial. Serta bantuan tambahan alat perontok padi (power thresher) 20 unit.

"Selama 5 tahun pemerintah Jokowi-JK anggaran sektor pertanian di Kabupaten Kuningan mencapai Rp 500 miliar. Hari ini kami bawa bantuan Rp 20 miliar, ayam ada 300 ribu ekor. Ini adalah kabinet kerja, bukan kabinet janji," kata Amran saat pertemuan Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementan 2019 di Jawa Barat di Desa Kadupanda, Kecamatan Kadupanda, Kabupaten Kuningan. Pertemuan ini dihadiri lebih dari 12 ribu petani, santri tani, penyuluh dan pendamping desa.

Amran menegaskan bantuan pertanian yang digelontorkan Kementan di Provinsi Jawa Barat selama pemerintahan Jokowi-JK totalnya Rp 30 triliun, sementara dulu tahun 2015 hanya Rp 1 triliun kemudian diangkat menjadi Rp 2 triliun. Alat mesin pertanian mencapai 26.185 unit nilainya Rp 500 miliar.

"Bantuan ayam 300 ribu ekor hari ini di Kuningan dan bantuan kambing dan bibit lainnya kami harapkan bisa mengurangi angka kemiskinan. Ayam ini adalah ayam kampung bisa bertelur tiap hari. Kami gratiskan juga kandang dan vaksin selama 6 bulan," tegasnya.

Dia menambahkan, Kementan juga mengirim bantuan bibit durian untuk Kuningan khususnya masyarakat Kadugede. Lagi-lagi kami ingin masyarakat bebas dari kemiskinan.

Artikel Terkait