Internasional

Pembagian Kurban bagi Pengungsi Palestina di Yordania

Oleh : hendro - Rabu, 14/08/2019 20:30 WIB

Dubes RI Amman, Andy Rachmianto, mengunjungi kamp pengungsi Palestina di Baq’a, Amman Utara, untuk membagikan daging kurban sumbangan dari masyarakat Indonesia.

Amman, INDONEWS.ID - Di masa liburan perayaan Idul Adha 1440 H, pada hari Rabu (13/8), Dubes RI Amman, Andy Rachmianto, mengunjungi kamp pengungsi Palestina di Baq’a, Amman Utara, untuk membagikan daging kurban sumbangan dari masyarakat Indonesia.

Sumbangan yang dikumpulkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Yayasan Baitul Maal (YBM) disalurkan melalui kerjasama dengan Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO). 

Bantuan daging korban dari 66 ekor kambing yang dipotong atas nama para donator di tanah air telah dibagikan kepada 264 keluarga pengungsi Palestina yang telah antri sejak pukul 10.00 pagi di pelataran kantor National Employment Center. 

Penyaluran bantuan kemanusiaan dalam bentuk daging kurban ini merupakan tindak-lanjut kerjasama yang tertuang dalam “Nota Kesepahaman” antara Baznas dan JHCO yang ditandatangani di Jakarta bulan Oktober 2018.  

Meskipun tidak melihat langsung proses pemotongan, menurut keterangan pihak JHCO, 66 ekor kambing asal Rumania tersebut disembelih di rumah pemotongan di satu tempat di Rumania. Hal ini dilakukan karena harga kambing asal Rumania lebih murah dibandingkan kambing lokal.

“Pembagian daging kurban ini sekali lagi merupakan bukti kepedulian masyarakat Indonesia terhadap nasib para pengungsi Palestina, khususnya yang berada di Yordania”, tegas Andy. 

Lebih jauh lagi, kerjasama antara Baznas, YBM dan JHCO merupakan bagian dari pelaksanaan diplomasi kemanusiaan RI sebagaimana diamanatkan oleh Presiden Jokowi.

“Atas nama Pemerintah RI, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas partisipasi aktor-aktor non-pemerintah seperti Baznas dan YBM dalam mendukung diplomasi kemanusiaan RI di Yordania”, lanjut Dubes Andy.

Melalui kegiatan sosial ini dan dengan semangat Idul Qurban, rakyat Indonesia dapat berbagi rejeki kepada saudara-saudari sesama Muslim yang sedang menghadapi kesulitan hidup, khususnya yang telah menetap selama lebih dari 70 tahun di kamp pengungsi Palestina. 

Kegiatan kemanusiaan ini sekaligus merupakan bukti ketegasan sikap bahwa Indonesia selalu bersama Palestina dalam situasi dan kondisi apapun.

Artikel Terkait