Gaya Hidup

Viral, Doa dan Imbauan Tamara Bleszynski Soal Konflik Papua

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 02/09/2019 15:01 WIB

Artis Tamara Bleszynski (Foto: Instagram/tamarableszynskiofficial)

Jakarta, INDONEWS.ID - Selama dua pekan terakhir, situasi di Papua dan Papua Barat cukup tegang. Bahkan sedikitnya 8 orang personil baik dari TNI maupun kepolisian meregang nyawa. Kantor-kantor pemerintahan dan pusat bisnis di beberapa lokasi di wilayah Papua dan Papua Barat seperti Manokwari dan Jayapura ludes dibakar massa yang mengamuk.

Konflik ini sendiri, kendati oleh kepolisian dan lembaga-lembaga terkait menyatakan bahwa ini merupakan sebuah "grand design" sekolompok orang tak bertanggung jawab dan ada intervensi pihak asing, namun yang paling mendasar berawal dari penggerebekan mahasiswa Papua oleh sejumlah ormas sembari mengeluarkan ujaran bernada rasis di Surabaya beberapa pekan lalu soal ujaran rasis.

Kericuhan di Papua ini pun mengundang simpati dari berbagai penjuru dunia lewat video pendek berisi slogan "Saya Papua, saya bukan monyet". Terakhir, sejumlah pihak, mulai dari Presiden Jokowi hingga Tamara Bleszynski ikut menyuarakan keprihatinannya.

Keprihatinan Tamara Bleszynski ditunjunkkanya melalui unggahannya di Instagram. Menurut wanita 44 tahun tersebut, yang dibutuhkan saudara sebangsa di Papua saat ini adalah doa, cinta, dan kepedulian yang nyata.

Tamara Bleszynski mengunggah fotonya bersama seorang warga Papua sembari Keduanya berdiri dengan latar pantai yang airnya membiaskan warna biru kehijauan. Tamara Bleszynski mengenakan baju putih tanpa lengan dan celana panjang berwarna senada.

Penampilannya dipercantik syal biru tua dan kacamata. “Cinta dan persahabatan,” tulis Tamara Bleszynski seraya membubuhkan emoji dua hati bertaut. “I love you, Papua. Selalu dalam doaku,” imbuhnya.

Tamara Bleszynski melengkapi status teks itu dengan tagar #CintaPapua. Beberapa menit kemudian ia mengunggah kembali foto bersama warga Papua, kali ini dengan latar bukit hijau.

Bintang film Air Terjun Pengantin ini mengenakan baju terusan warna hitam dan mengajak putranya, Kenzou Lion Bleszynski Lewis.

“Kalau kau memang sungguh-sungguh peduli, tunjukkan! Jangan malah membuat batas dan luka lagi. ‘Gitu aja kok repot’ (Gus Dur),” tulis Tamara Bleszynski menyertai foto tersebut.

Kedua foto ini disukai ribuan warganet. Tamara Bleszynski pun mendapat pujian. “Masyaallah, sudah cantik berhati mulia, lagi,” cetus seorang warganet.

Terinspirasi tulisan Tamara Bleszynski, seorang warganet kemudian meninggalkan pesan untuk saudara-saudara di Papua. “Jangan mudah terprovokasi saudara-saudaraku di Papua,” ujarnya.

Pesan damai pun terus menyebar. Warganet lain menimpali, “Papua selalu ada di hati kita semua.”*(Rikardo)

Artikel Terkait