Pojok Istana

Presiden Jokowi Pimpin Langsung Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Oleh : Ronald - Selasa, 01/10/2019 10:05 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019. Upacara tersebut diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Selasa (1/10/2019). (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019. Upacara tersebut diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Rombongan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB. Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi oleh Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla.

Acara dimulai dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia `Indonesia Raya` dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sejenak yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Selanjutnya, pembacaan teks Pancasila oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Osman Sapta Odang, disusul dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan.

Sedangkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo kali ini bertugas sebagai pembaca Ikrar Pancasila.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan doa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

Penting untuk diketahui, hari Kesaktian Pancasila diperingati terkait dengan Gerakan 30 September yang terjadi selewat malam 30 September sampai di awal 1 Oktober 1965.

Saat itu tujuh perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha kudeta. (rnl)

Artikel Terkait