Nasional

Menelusuri Jejak Sukses Alumni SMA 3 Jakarta Berkiprah di Berbagai Bidang

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 30/01/2021 17:45 WIB

Foto kiri-kanan: Titiek Soeharto, Rachmad Gobel, Erick Thohir dan Heru Winarko dalam berbagai kesempatan bersama Pemimpin Redaksi Indonews.id, Asri Hadi

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekolah Menegah Atas Negeri III Teladan Jakarta atau biasa disingkat SMA 3 Jakarta patut diacungi jempol lantaran sukses mencetak para tokoh bangsa yang sukses di berbagai bidang yang digeluti dari masa ke masa.

Pemimpin Redaksi Indonews.id, selaku dosen senior Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), Drs. Asri Hadi, MA mengatakan bahwa SMA 3 telah banyak mencetak para tokoh penting di negeri ini. Kontribusi mereka pada negara seturut dengan profesi yang digeluti.

"SMA 3 Teladan Jakarta telah melahirkan banyak tokoh penting dan berkontribusi besar pada pembangunan bangsa ini. Mereka (para alumni) ada di mana-mana, hampir setiap profesi," ungkap alumni SMA 3 Jakarta ini.

Penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Dwidya Sistha ini menambahkan bahwa para alumni SMA 3 Jakarta sukses mengeluti karirnya masing-masing seperti di kementerian, militer, akademisi, dokter, musisi, composer dan masih banyak lagi.

"Beberapa tokoh penting seperti Titiek Soeharto, Menteri dan Wakil Menteri Erick Thohir dan Harvick Hasnul Qolbi, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fajar Prasetyo, Wakil Ketua DPRI, Achmad Gobel adalah alumni SMA 3 Teladan Jakarta," tambahnya.

Selain itu, Ekonom Senior Faisal Basri dan Abiprayadi Riyanto, Mantan Kepala BNN Heru Winarko, Pegiat dan Pengusaha Ekonomi Halal Jetti R Hadi, Penyanyi Ikang Fauzi, Fariz RM, Musisi dan Komposer Adi MS dan masih banyak lainnya.

"SMA 3 juga punya Pejudo Nasional seperti Sadik Algadri, Wartawan Senior seperti Ahmed Kurnia, Mantan Dirjen Kominfo Fredy Tulung, Akademisi seperti Prof. Chandra Wijaya, Danlanud Ngurah Rai Kol. Reza Sastranegara, Dokter Senior seperti Dokter Priyo, Dirjen di KLHK Ir. Laksmi Wijayanti," tuturnya.

Foto kiri-kanan: Penyanyi Ikang Fauzi, Ekonom Abiprayadi Riyanto, Musisi Fariz RM, Ekonom Senior Faizal Basri, Komposer Adi MS dan Wartawan Senior Ahmed Kurnia dalam berbagai kesempatan bersama Pemred Indonews.id, Asri Hadi

Dari penelusuran Indonews.id, apa yang dituturkan Asri Hadi tersebut benar adanya, bahwa memang banyak alumni SMA 3 Jakarta yang menjadi tokoh penting seperti Titiek Soeharto yang merupakan putri dari presiden RI kedua serta istri dari Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. Titiek sendiri pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI Fraksi Golkar sejak 1 Oktober 2014 hingga 11 Juni 2018.

Lalu, ada Erick Thohir yang menjadi pengusaha sukses dengan kekayaan melimpah. Bahkan sebelum ditunjuk Jokowi menjadi Menteri BUMN, Erick pernah menjadi bos klub elit Intermillan. Saat ini, selain sebagai Menteri BUMN, Erick juga menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah.

Selain Erick, alumni SMA 3 Jakarta lainnya yang masuk untuk memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia dalam kabinet Indonesia Maju adalah Harvick Hasnul Qolbi. Harvick menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian RI 2020-2024 Jokowi-Ma`aruf Amin Jilid II.

Di bidang politik, selain Ibu Titiek Soeharto, ada juga Rachmad Gobel yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI. Sebelum terjun ke politik, Rachmad Gobel adalah seorang pengusaha sukses. Baru-baru ini, Rachmad Gobel bertemu Menteri BUMN, Ercik Thohir sebagai sesama alumni untuk memberikan dukungan dalam memerangi pandemi covid-19. Ia juga dimandatkan menjadi Ketua Ikatan Alumni SMA 3 Jakarta.

Berbicara tentang dunia usaha, banyak alumni SMA 3 Jakarta yang jumlahnya tak terhitung menggeluti bidang yang satu ini di antaranya adalah Aburizal Bakrie, Dewi Motik dan masih tak terhitung lainnya.

Sementara para alumni yang berkiprah di jalur militer juga banyak. Sebut saja di antaranya Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fajar Prasetyo. Jabatan ini tentu saja jabatan puncak di TNI angkatan Udara.

Selain itu, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani saat ini menjabat sebagai Direktur Latihan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Dirlat Kodiklat TNI) dan Kolonel Pnb. Reza Ranesa Rashid Sastranegara, S.Sos, dipercayakan menjabat sebagai Komandan Landasan Udara (DanLanud) I Gusti Ngurah Rai.

Pejudo Nasional, Sadik Algadri bersama Pemred Indonews.id Asri Hadi berfoto di depan plang Indonews.id 

Selain di militer, alumni SMA 3 Jakarta juga banyak yang berkarir di kepolisian seperti Mantan Kepala BNN Komjen Polisi Heru Winarko. Ketika dilantik Presiden Jokowi menjadi Kepala BNN, ia menunjukkan komitmentnya dalam membantu negara memberatas kejahatan narkoba.

Berikutnya adalah Brigjen Polisi Roma Hutajulu, SIK. Sebelum menjabat Kepala Biro Pembinaan Operasi (Karo Binops) Sops Polri, ia menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Metro Jaya.

Selanjutnya adalah anak mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno, Irjen Pol. Firman Shantyabudi yang dipercayakan menjabat sebagai Asisten Logistik Kapolri. 

Di bidang ekonomi, beberapa nama beken merupakan alumni SMA3 Jakarta seperti ekonom senior Faisal Basri yang sering dikutip media. Lalu ada Abiprayadi Riyanto yang karir di dunia perbankan cukup mengesankan.

Terbaru, Menteri Keuangan Sri Mulyani menunjuk tiga (3) alumni SMA 3 Teladan Jakarta sekeligus untuk menduduki posisi puncak sebagai Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Indonesia Investment Authority/INA) yang merupakan lembaga pengelola investasi dana abadi atau Sovereign wealth Fund/SWF) di Tanah Air.

Mereka adalah Yozua Makes, Darwin Cyril Noerhadi, dan Haryanto Sahari. Ketiganya tercatat sebagai alumni SMA 3 Teladan Jakarta. Yozua Makes dan Darwin Cyril Noerhadi merupakan angkatan 79 semantara Haryanto Sahari angkatan 74.

Di industri halal, SMAN 3 Jakarta telah sukses mencetak tokoh yang di kemudian hari menjadi Pegiat dan Pengusaha yang gigih memperjuangkan ekonomi halal seperti Ibu Jetti R Hadi. Atas kegigihannya, Ibu Jetti R. Hadi diganjar penghargaan sebagai Tokoh Penggiat Ekonomi Halal oleh Bank Indonesia.

Foto kiri-kanan: Mantan Dirgen Kominfo Fredy Tulungan, Pengusaha Dewi Botik, Pegiat Ekonomi Halal Jetti R. Hadi dan Penyanyi Krisdayanti dalam berbagai kesempatan bersama Pemred Indonews.id, Asri Hadi.

Di bidang lingkungan hidup, salah satu alumni SMAN 3 Jakarta dilantik Menteri KLHK Siti Nurbaya melantik Ir. Laksmi Wijayanti, MCP sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) yaitu Inspektur Jenderal KLHK, dan lima Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) lingkup KLHK.

Di bidang kesehatan, SMA 3 juga banyak mencetak para dokter-dokter hebat salah satunya adalah Dokter Priyo. Di dunia pendidikan, banyak alumni yang menduduki posisi pentin, salah satunya adalah Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si, MM yang terpilih menjadi Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) periode 2020 – 2024.

Dalam seni musik, ada nama beken seperti Ikang Fauzi, Krisdayanti, komposer terkenal Adi MS, Fariz RM dan masih banyak lainnya. Sementara di dunia seni akting, nama-nama sohor seperti Sophia Latjuba, Baim Wong, Nikita Willya dan masih banyak lainnya merupakan alumni SMA 3.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait