Nasional

TNI AL Tingkatkan Diplomasi Melalui ANCM

Oleh : luska - Selasa, 11/05/2021 22:38 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID -  Dalam rangka meningkatkan hubungan diplomasi persahabatan antar Angkatan Laut negara-negara ASEAN, TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengikuti ASEAN Naval Chief Meeting (ANCM) Staff Meeting yang dilaksanakan secara virtual dipimpin Fleet Commander, Royal Brunei Navy, Commander Khairil Bin Haji Abdul Rahman, Selasa, (11/05).

Kegiatan ANCM  Staff Meeting diikuti perwakilan Angkatan Laut negara-negara ASEAN, dan  acara diawali ungkapan belasungkawa oleh pimpinan pertemuan kepada TNI AL atas musibah yang dialami  KRI Nanggala-402. 

ANCM Staff Meeting merupakan kegiatan pendahuluan untuk merumuskan rencana kegiatan  ANCM ke-15 yang akan diselenggarakan oleh Royal Brunei Navy. Kegiatan ini   rencanannya  diikuti para pemimpin tertinggi Angkatan Laut negara-negara ASEAN,  pada tanggal 11 Agustus 2021 secara virtual.

Dalam pertemuan tersebutb juga  disampaikan rencana kegiatan ke depan yang akan dilaksanakan di Indonesia, yaitu International Maritime Security Symposium (IMSS) 2021, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2022 dan ANCM ke-16 tahun 2022.

Dalam kegiatan ini, TNI AL diwakili oleh Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., yang sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Angkatan Laut negara-negara ASEAN atas perhatian dan bantuan terhadap tragedi tenggelamnya KRI Naggala-402.

Kegiatan ini sejalan dengan UU no 34/2004 dan pengarahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat Rapat Pimpinan TNI AL 2021, yaitu melaksanakan diplomasi TNI AL. (Lka)
 

Loading...
TAGS : Kasal

Artikel Terkait