Daerah

Pengamat Ungkap Pesan Politik Kehadiran AHY di Kota Kupang

Oleh : Mancik - Selasa, 06/12/2022 10:37 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudoyono (AHY). Foto:Dok. Bakomstra Demokrat NTT

INDONEWS.ID - Kehadiran Agus Harimurti Yudoyono (AHY) di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada tanggal 6-7 Desember 2022 setidaknya memiliki pesan politik. pada berita sebelumnya kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat ke NTT itu untuk melakukan berbagai agenda kegiatan.

Wakil Bakomsra Demokrat NTT, Frid Wawo mengatakjan sejumlah spanduk dan bendera telah dipasang diberbagai titik dalam rangka menyambut AHY di Jota Kupang.

"Titik pemasangan bendera, baliho, dan spanduk dari bandara, jalan adi sucipto, jalan El tari 2, patung kirab, sepanjang jalan timor raya, GOR Oepoi,” jelas Frid kepada media ini, Selasa, (6/12/2022)

Selain pembagian bantuan sosial, AHY diinformasikan akan membawakan kuliah umum di Kampus Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, pada Selasa 06 Desember 2022.

Sementaara itu, Pengamat Politik Ahmad Atang mengatakan, kehadiran AHY memberikan pesan politik. Menurutnya, ada empat hal penting yang perlu diketahui seluruh masyarakat NTT.

Pertama, Demokrat sebagai partai besar siap memenangkan pesta demokrasi tahun 2024.

Kedua, AHY sebagai figur sentral Partai Demokrat siap bertarung dalam pilpres mendatang.

Ketiga, kesiapan dan kesiagaan infrastruktur partai mulai digerakkan dari pusat hingga ke ranting.

Keempat, mesin politik Partai Demokrat sengaja dipanaskan untuk untuk memastikan semua kader partai harus satu langkah dan seirama untuk membesarkan partai.

"Oleh karena itu, kehadiran AHY di NTT dalam rangka melantik para pengurus DPC di 22 kabupaten/kota harus juga dimaknai sebagai langkah konsolidasi organisasi, konsolidasi personil, dan konsolidasi politik kemenangan," ujar Ahmad Atang.

Ahmad mengingatkan, dari berbagai hasil survey telah menempatkan Demokrat sebagai salah satu partai papan atas.

"Maka perlu dibuktikan dengan kerja keras, kerja terukur, dan kerja maksimal agar posisi Demokrat baik di level lokal (Kabupaten/Kota), level regional (Provinsi) dan pusat dapat meningkat secara signifikan," tandasnya.
"Hal ini penting. Setidaknya, langkah politik AHY ini dapat mengembalikan kejayaan Demokrat di masa kepemimpinan Presiden SBY," sambung dia.

Provinsi NTT, sambung Ahmad Atang, merupakan salah satu provinsi yang selalu menyumbangkan kursi bagi DPR pusat sejak Demokrat menjadi salah satu partai peserta pemilu hingga saat ini.

"Tradisi perolehan kursi perlu dipertahankan dan terus ditingkatkan pada pemilu mendatang. Hal ini penting karena tantangan terkait ambang batas 4 persen harus direspon dengan kerja radikal dan bermunculan partai baru setidaknya dapat menimbulkan polarisasi pemilih di tingkat masyarakat,"tutupnya*

TAGS : AHY

Artikel Terkait