Nasional

CH Institute dan Komunitas Duta Besar Sukses Selenggarakan Literasi Akhir Pekan di Qi Lounge Hotel Sultan

Oleh : luska - Sabtu, 18/02/2023 20:20 WIB

Jakarta, INDONEWS ID - CH Institute bekerjasama dengan komunitas duta besar berhasil menyelenggarakan Literasi Akhir Pekan: Jilid 3, yang merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yakni Literasi Akhir Pekan jilid pertama dan kedua yang berlangsung di bulan Desember 2022 dan Januari 2023. Pada jilid ke 3 ini, Literasi Akhir Pekan membahas tiga buku yang ditulis oleh diplomat-diplomat handal Indonesia yaitu, Dr. 
Darmansjah Djumala, Dian Wirengjurit, serta Andradjati Literasi Akhir Pekan Jilid 3 dibuka oleh jurnalis nasional, Tascha Liudmila yang memberikan overview mengenai sejarah lahirnya kegiatan Literasi Akhir Pekan dan keunikan yang terdapat didalam setiap acara yang kemudian dikenal dengan sebutan Litakan ini. Diplomat senior Indonesia, Soemadi D. M Brotodiningrat dalam sambutan nya memberikan apresiasi yang tinggi bagi para diplomat yang mau menulis dan mempublikasikan sudut pandang serta pengalaman nya selama bertugas di luar negeri. 

Dr. Darmansjah Djumala sebagai penulis buku Diplomasi Membumi dalam paparan nya 
memberikan penekanan mengenai tantangan selama bertugas sebagai seorang diplomat. Ahli 
hubungan internasional yang saat ini aktif di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini berharap semakin banyak diplomat yang menulis, agar generasi muda bisa mendapat ilmu terapan dari duta-duta besar yang bertugas di seluruh wilayah di dunia. Pemapar kedua, Dian Wirengjurit,mengatakan bahwa buku Iran, Nuklir, Sanksi Militer dan Diplomasi yang ditulisnya diharapakan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia, dalam melihat konflik Iran secara objektif dan tidak hanyut dalam persepsi yang coba dibangun oleh asing yang memiliki kepentingan tertentu.

Penulis ketiga, Andradjati, yang malang melintang bertugas sebagai diplomat dan duta besar di wilayah Afrika mengisahkan pengalaman menariknya selama bertugas di empat benua, 
terutama ketika harus menjaga dan membela kepentingan-kepentingan masyarakat Indonesia 
di luar negeri, yang memerlukan atensi dan tindakan yang tepat guna serta tepat sasaran.

Marsekal TNI Purn. Chappy Hakim sebagai pendiri CH Institute dan inisiator Literasi Akhir Pekan menyatakan kegembiraan nya dalam menyambut kolaborasi antara CH Institute dan komunitas duta besar dalam edisi Literasi Akhir Pekan Jilid ke 3 ini. Chappy Hakim berharap kegiatan Literasi Akhir Pekan dapat semakin diterima oleh seluruh masyarakat di Indonesia. 

KSAU 2002-2005 ini mengatakan bahwa kegiatan Literasi Akhir Pekan akan terus bergulir setiap bulan, dan akan memperluas diri dalam memfasilitasi penulis-penulis yang ingin mempublikasikan karyanya. 

Literasi Akhir Pekan Jilid 3 ini dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional seperti Nadjib Riphat Kusuma, Denny JA, Eka Budianta dan komunitas-komunitas penulis yang berasal dari Satu Pena, Penulis PBK, maupun The Writers. Selain itu hadir pula mantan-mantan duta besar, serta diplomat Kemenlu, dan juga perwakilan civitas Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran dan Universitas Nasional. (Lka)

TAGS : Chappy Hakim

Artikel Terkait